Kontribusi Ekologi Pemerintahan untuk Mewujudkan Kebijakan Pemerintah Daerah yang Berdaya Saing

Authors

  • Bayu Karunia Putra Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/publika.v12i2.8567

Keywords:

Berdaya Saing, Ekologi Pemerintahan, Kebijakan, Kontribusi, Pemerintah Daerah

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi ekologi pemerintahan dalam mewujudkan kebijakan pemerintah daerah yang berdaya saing. Topik ini dianggap penting karena ekologi pemerintahan menjadi landasan utama dalam pengambilan keputusan serta acuan strategis dalam penyusunan kebijakan publik yang efektif dan adaptif terhadap perkembangan digital. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana data diperoleh dari berbagai sumber ilmiah melalui database Publish or Perish, SINTA, dan Google Scholar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelaah berbagai literatur yang relevan, valid, dan terkini terkait ekologi pemerintahan dan daya saing kebijakan daerah. Analisis data dilakukan melalui kajian pustaka yang mendalam untuk memahami hubungan antara konsep ekologi pemerintahan dengan efektivitas kebijakan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip ekologi pemerintahan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kebijakan daerah, mendorong inovasi berbasis teknologi, serta memperkuat daya saing daerah melalui peningkatan kapasitas dan pengetahuan aparatur. Dengan demikian, kebijakan pemerintah daerah yang berorientasi pada ekologi pemerintahan berpotensi menciptakan tata kelola yang adaptif, profesional, dan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan pemerintahan modern

Author Biography

Bayu Karunia Putra, Universitas Muhammadiyah Malang

Ilmu Pemerintahan dan Mahasiswa

References

Aini, D., Farhaini, A., & Putra, B. K. (2023). Community Participation in Improving Health in Remote Areas: A Literature Review. International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT), 6(2), 27–43. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7798056

Andhika, L. R. (2017). Systematic Review: Budaya Inovasi Aspek Yang Terlupakan dalam Inovasi Kepegawaian. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen PNS, 11(1), 49–62. https://jurnal.bkn.go.id/index.php/asn/article/download/37/19

Ardiansah, M. N., Chariri, A., & Januarti, I. (2019). Empirical Study on Customer Perception of E-Commerce: Mediating Effect of Electronic Payment Security. Jurnal Dinamika Akuntansi, 11(2), 122–131. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jda.v11i2.20147

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyono, E. (2017). Era Disruption dan Manajemen Strategik Birokrasi. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. https://setkab.go.id/era-disruption-dan-manajemen-strategik-birokrasi/

Farhaini, A., Putra, B. K., & Aini, D. (2022). Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Halodoc di Kota Mataram. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 9(1), 71–82. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v9i1.2416

Khilmiah, A. N., Cikusin, Y., & Abidin, A. Z. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Pada Bidang Administrasi (Studi Tentang Pelayanan Dokumen Kependudukan di Kantor Desa Slamet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang). Jurnal Respon Publik, 14(2), 35–39. http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/8065

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurdin, N. H. (2019). Optimalisasi Pelayanan Publik dalam Perspektif New Public Service Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Paranata Edu, 1(1), 01–13. https://doi.org/https://doi.org/10.36090/jipe.v1i1.188

Nuril, A. (2018). Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Semarang: Studi Kasus di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Semarang. Journal of Politic and Government Studies, 7(2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/download/20057/18934

Peabody, R. L. (2008). Authority: Development of the Concept and Comtemporary Issues. International Encyclopedia of the Socal Sciences, Thomson Gale.

Putra, B. K. (2022). Kontribusi Negara dan Masyarakat dalam Proses Demokratisasi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Publika, 10(1), 53–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/publika.v10i1.7091

Putra, B. K., Dewi, R. M., Fadilah, Y. H., & Roziqin, A. (2021). REFORMASI BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK MELALUI MOBILE JKN DI KOTA MALANG. Jurnal Ilmiah Publika, 9(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/publika.v9i1.5325

Putra, B. K., & Dhanuarta, C. B. (2021). Transformation of Public Services Through Electronic-Based Government System in Malang City. International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT), 4(3), 452–459. https://doi.org/10.5281/zenodo.5205295

Putra, B. K., & Hadi, K. (2022). State and Community Participation in the Democratization Process in Indonesia. International Journal of Education, Information Technology, and Others (IJEIT), 5(5), 28–40. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7414335

Putra, B. K., & Hijri, Y. S. (2022). Participation of the State and Civil Society in the Democracy System in Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 235–247. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7486365

Putra, B. K., & Salahudin, S. (2022). Analysis of Challenges and Potential of the Village Economy Towards Competitive Village Development. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 11(1), 45–61. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31314/pjia.11.1.45-60.2022

Putra, B. K., & Sihidi, I. T. (2022). Keterlibatan Negara dan Masyarakat Sipil Dalam Proses Menuju Demokratisasi di Indonesia. Hukum Responsif, 13(2), 69–80. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/responsif.v13i2.7360

Rukayat, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 11(2), 56–65. https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/article/view/32

Sa’adawisna, D., & Putra, B. K. (2022). The Effect of the Establishment of a New Autonomous Region on Electoral District Regulations in the 2024 General Election. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 484–493. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7269113

Sa’adawisna, D., & Putra, B. K. (2023). POLITICAL EDUCATION TO INCREASE BEGINNER VOTER PARTICIPATION IN THE 2019 GENERAL ELECTIONS. Awang Long Law Review, 5(2), 419–431. https://doi.org/https://doi.org/10.56301/awl.v5i2.716

Saputro, P. H., Budiyanto, A. D., & Santoso, A. J. (2015). Model Delone and Mclean untuk Mengukur Kesuksesan E-government Kota Pekalongan. Scientific Journal of Informatics, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/sji.v2i1.4523

Sennett, R. (1993). Authority. New York City (US): WW Norton & Company.

Taufan, T. (2017). Implementasi Reformasi Birokrasi dan Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman Tahun 2014-2016. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/11892/Naskah Publikasi.pdf?sequence=14&isAllowed=y

Wahidah, N., Isro’ullaili, I., & Putra, B. K. (2023). The School Literacy Movement (GLS) and Student’s Interest in Reading at SDN 3 Suka Makmur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 559–564. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7826963

Wiratno, W. (2020). Implementasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmu Hukum “Supremasi Hukum,” 16(2), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/jsh.v16i2.739

Yusriadi & Misnawati. (2017). Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 7(2), 99–108. https://ojs.unm.ac.id/iap/article/view/4954/2851

Zamroni, Z., Afifuddin, A., & Widodo, R. P. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Pada Pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil di Kantor Keluran Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Studi Kasus Pada Kantor Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Respon Publik, 13(2), 75–82. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/2127/2030

Downloads

Published

2024-12-09

Citation Check