PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEBAMED PADA DIVISI DEWASA PT ELTEAN LUHUR KENCANA JAKARTA SELATAN

Aan Purnama

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk sebamed pada PT. Eltean Luhur Kencana. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dan penyebaran angket (kuisioner) yang berisi 8 pernyataan terkait harga, 8 pernyataan terkait variabel promosi dan 10 pernyataan terkait variabel keputusan pembelian kepada 93 responden yang merupakan konsumen produk sebamed. Pengolahan data menggunaan SPSS versi 21. Metode analisis yang dipakai adalah Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Autokorelitas) Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Korelasi, Uji Koefisien Determinasi, Uji T dan Uji F. Berdasarkan hasil penelitian data-data yang telah memenuhi Uji Validitas, Uji Realiabilitas, Uji Regresi Linier Berganda diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 3,102 + 0,248 X1 + 0,834 X2ini menunjukan bahwa semua variabel independen yang diuji berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui Uji T dan Uji F, sedangkan angka R sebesar 0,531. Hal ini menunjukan bahwa 53,1% keputusan pembelian sebagai variabel dependen dipengaruhi oleh harga dan promosi variabel independen dan sisanya sebesar 46,9% Dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar model penelitian ini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasibuan, Malayu (2019). “Pengertian Manajemen” Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Jubaedah, S., Mardi, M., Aryanto, Y., & Fajarianto, O. (2022). Studi Empiris Nilai Perusahaan Pada Masa Pandemi Coronavirus Disease. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 22(2), 799-815.

Kotler dan Amstrong. 2012. Principkes of Marketing. Jakarta: PT. Gramedia.

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi.12. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi ke 12. Ahli Bahasa Benyamin Molan.

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Manajemen 14 th Edition. Jakarta: PT. Index Kelompok Gramedia.

Latif, A. P., Latif, I. N., Bakrie, I., & Milasari, L. A. (2021). Stastistik Ekonomi 1. D.I Yogyakarta: Zahir Publishing.

Priansa, D.J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2018). Management 14E. New York: Pearson.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior. London: Pearson Education.

Robbins, S. P., Coutler, M., & DeCenzo, D. A. (2017). Fundamentals of Management Myths Debunked. London: Pearson Limited Edition.

Santoso, B., Azis, A. I., & Zohrahayaty. (2020). Machine Learning & Reasoning Fuzzy Logic, Algoritma, Manual, Matlab, & Rapid Miner. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach Seventh Edition. New York: John Wiley & Sonts Ltd.

Shinta, A. 2011. Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press Malang.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuanitiatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sunyoto, Danang. 2016. Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta : CAPS (Center For Academi Publishing Service).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v10i1.8469

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>