MANAJEMEN STRES KERJA PEMBELAJARAN SISTEM DARING PADA GURU SEKOLAH DASAR DESA X

Seviana Rinawati

Sari


Proses belajar mengajar sekolah dilakukan secara tatap muka dan diubah menjadi sistem daring (dalam jaringan) dikarenakan masa pandemi, secara serentak secara mendunia. Guru memiliki beban kerja sebagai pengajar namun mendapat tantangan dengan perubahan metode mengajar yang dapat berdampak peningkatan beban secara fisik dan psikis berlebih, hal ini menjadi salah satu penyebab stres kerja. Metode daring dan hybrid di bidang pendidikan dijadikan salah satu metode alternatif dalam kondisi tertentu, peserta didik maupun pengajar dapat menerapkan penggabungan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring, dampak pada tugas dan tanggung jawab guru mengalami peningkatan mengakibatkan stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beban kerja mental berhubungan stres kerja pembelajaran sistem daring pada guru SD. Penelitian dengan jenis penelitian observasional analitik, pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel penelitian dengan total sampling sejumlah 62 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner NASA-TLX (tingkat beban kerja mental) dan kuisioner Health and Safety Executive (tingkat stres kerja) kemudian dianalisis dengan uji Somers’d. Hasil penelitian dinyatakan signifikan dengan p-value= 0,002 dan nilai dyx=0,624 memiliki kekuatan korelasi kuat. Simpulan menunjukkan bahwa ada hubungan beban kerja mental dengan stres kerja guru SD pada pembelajaran sistem daring.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asih, G. Y., Widhiastuti, H. and Dewi, R. 2018. Stres Kerja.

Budiasa, I. K. (2021) Beban Kerja dan Kinerja Sumber Daya Manusia. 1 st ed. Purwokerto Selatan. CV. Pena persada. pp. 30- 36.

Claessens, B. J. C. et al. 2010. Things to do today. . . : A daily diary study on task completion at work’, Applied Psychology, pp. 273–295.

Diniari, H. R. 2019. Analisis stres kerja akibat beban kerja mental pada pekerja pt. kerta rajasa raya, Medical Technology and Public Health Journal, pp. 133–140.

Fahamsyah, D. 2017. Analisis hubungan beban kerja mental dengan stres kerja di instalasi cssd rumah sakit umum haji surabaya, The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, p. 107.

HSE (2021) Work-related stress, anxiety or depression statistics in Great Britain, (December), p. 18.

Kriesniati, P., Yuniarti, D. and Nohe, D. A. 2013. Analisis korelasi somers’d pada data tingkat kenyamanan siswa-siswi smp plus melati samarinda, BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, pp. 31–40.

Pertiwi, E. M., Deny, hanifa M. and Widjasena, B. 2016. Hubungan antara beban kerja mental dengan stres kerja dosen di suatu fakultas, Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, pp. 1–23.

Tarwaka (2015) Ergonomi Industri 2 nd ed. Surakarta. Harapan Press. pp. 377

Tri, D. W., Fitri, D. A. and Milu, A. S. 2016. Indikator pembelajaran efektif dalam pembelajaran daring (dalam jaringan) pada masa pandemi covid-19 di sman 2 bandowoso, Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, pp. 2–5.

Amalia, B. R., Wahyuni, I., & Ekawati, E. (2017). Hubungan Antara Karakteristik Individu, Beban Kerja Mental, Pengembangan Karir Dan Hubungan Interpersonal Dengan Stres Kerja Pada Guru Di Slb Negeri Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 5(5).

Anita, T., Tjitrosumarto, S., & Setyohadi, J. S. (2021). Stres Kerja Guru Saat Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Kompensasi Dan Lingkungan Kerja. Research and Development Journal of Education, 7(1), 146-157.

Arwin, A., Ciamas, E. S., Siahaan, R. F. B., Vincent, W., & Rudy, R. (2019, February). Analisis Stress Kerja Pada PT. Gunung Permata Valasindo Medan. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1), 75–78.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61

Irkhami, F. L. (2015). Faktor yang berhubungan dengan stres kerja pada penyelam di PT. X. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 4(1), 54-63.

Kurniawati, R., Wahyuni, I., & Widjasena, B. (2022). Hubungan Beban Kerja Mental dan Sistem Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 dengan Stres Kerja pada Guru SLB. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), 379-388

Mustika, R., Nurhasanah, A., & Pribadi, R. A. (2021). Hybrid Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Tematik Di Kelas 2 Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 402-414.

Nailah, Y. F., & Puspitadewi, N. W. S. (2022). Hubungan Konflik Peran Ganda dengan Stress Kerja pada Guru SMA di Kabupaten X

Sari, D. R., Akbar, K. A., & Nafikadini, I. (2021). Perbedaan Beban Kerja Mental dan Stres Kerja Guru SDN Dengan Guru SLBN. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, 5(2), 83-98.

Sari, L., Elita, V., & Karim, D. (2022). Gambaran Tingkat Stress dan Stressor Guru Sekolah Dasar di Pedesaan dengan Sistem Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Era Pandemi Covid-19. HEALTH CARE: JURNAL KESEHATAN, 11(1), 63-72.

Tarwaka. (2015). Ergonomi Industri Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Harapan Press

Wahyudi, R. N., Marisdayana, R., & Husaini, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Kerja Pada Guru SDLB Negeri 1 Kota Jambi Tahun 2020. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 6(2), 764-755.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v11i1.8456

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>