ARAH KEBIJAKAN PEMERINTAH DIBIDANG PENDIDIKAN YANG BERBASIS TEKNOLOGI

Sarrul Bariah, Wiwik Angranti

Sari


Pendidikan bagian terpenting untuk keberlangsungan, perkembangan dan kemajuan suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan arah kebijakan pemerintah dalam imlementasi teknologi di bidang Pendidikan dan menjawab sejumlah tantangan dalam imlementasi teknologi di bidang Pendidikan. Tipe peneltian ini menggunakan penelitian kualitatif guna menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan permasalahan antara kebijakan dan implementasi dari kebijakan tersebut. Gap yang terjadi kemudian di deskripsikan sehingga nampak jelas uraian pembahasan dari permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah dalam imlementasi teknologi di bidang Pendidikan adalah pemerintah telah bertekad untuk terus memecahkan berbagai permasalahan pendidikan dan kebudayaan tersebut melalui berbagai upaya. Penyelesaian secara konvensional yang telah dilakukan selama ini masih belum mampu mengatasi permasalahan ada. Kebijakan pemerintah ini perlu dicermati dan diperhatikan oleh semua satuan Pendidikan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, mengingat kebijakan ini adalah kebijakan strategis yang telah dianggap oleh para ahli sebagai kebijakan yang fleksibel dalam memaknai Pendidikan sehingga adaptasi terhadap perubahan dan perkembangan zaman dan teknologi sudah saatnya dapat diterapkan secara optimal. Dalam menjawab sejumlah tantangan dalam imlementasi teknologi di bidang Pendidikan adalah dengan memetakan masyarakat Indonesia yang indeks teknologinya masih rendah belum secara optimal memanfaatkan Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai penggerak utama perubahan. Untuk itu, penggerakan pemanfaatan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kepada masyarakat sangat penting untuk dilakukan. Pemanfaatan TIK kepada masyarakat dapat diterapkan di semua bidang kehidupan di antaranya bidang Pendidikan, sehingga diharapkan tidak adanya lagi gap lagi antara pembangunan kualitas pendidikan di wilayah barat, tengah, dan timur Indonesia, serta tidak adanya sekat-sekat interaksi membuat penerapan teknologi ini sangat urgen untuk di implementasikan secara masif dan terstruktur.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Rahman, dkk., Metode Penelitian Ilmu Sosial, Bandung: Widina Bhakti Persada, 2022.

Ahmad Iswanto, Perbedaan Antara Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dengan Kualitas Pendidikan Di Berbagai Negara ASEAN, Koranmu Indonesia Edisi 7 Juni 2020

Anggraini, Endah, Pengaruh Teknologi Informasi, Teman Sebaya, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, 2015.

Binti Maunah, Dampak Regulasi di Bidang TIKTerhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan, Cakrawala Pendidikan, Juni 2016, Th. XXXV, No. 2.

Boyd, D.M., & Ellison, N.B. 2007. “Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship.†Journal of Computer-Mediated Communication, 13 (1), article 11, http://jcmc.indiana.edu/vol13/issue1/ boyd.ellison.html.

Busro, M., Nilai-nilai yang Bisa Dipetik dari Pemanfaatan TIK di Kampus. Makalah. Serang: STIE Banten, 2015.

Farid Ahmadi, Guru SD di Era Digital (Pendekatan, Media, Inovasi), Semarang: Pilar Nusantara, 2017.

Luhur, Wicaksono, Pengaruh Kedekatan Siswa dengan Teknologi terhadap Prestasi Belajar. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP, 2011.

Manda Sari, Perbandingan Pendidikan di ASEAN (Singapura), Artikel 14 Oktober 2016

Muhammad Japar, dkk, Media dan Teknologi Pembelajaran PPKN, Surabaya: Jakad Publishing, 2019.

Nurdyansyah. N., Andiek Widodo, Manajemen Sekolah Berbasis ICT. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015.

Nurdyansyah dan Luly Riananda, Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo, Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology dalam Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 1, No. 2, 2016.

Nurdyansyah. N. dan Eni Fariyarul Fahyuni, Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013, Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016.

Ramli, K., Sarwoto, dan Rusadi, 2010. Komunikasi dan Informatika Indonesia Whitepaer 2010, Jakarta: Pusat Data Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Ratnawati Susanto, Modul 2, Kebijakan Pemerintah dalam ICT dan Pendidikan, Universitas Esa Unggul, 2019.

Rogantina Meri Andri, Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Jurnal Ilmiah Research Sains, Vol. 3, No. 1, 2017.

Safrilsyah Syarif dan Firdaus M. Yunus, Metode Penelitian Sosial, Banda Aceh: Ushuluddin Publishing, 2013.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Unik Hanifah Salsabila dan Niar Agustian, Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran, Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan Volume 3, Nomor 1, Januari 2021.

Wiwik Angranti, Educational Management Based on Community Needs: A New Paradigm of Education Management in Indonesia, Journal of Education and Practice, Vol. 9, No. 14, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v11i1.8267

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>