IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA APARATUR SIPIL NEGARA

Kurniawan Kurniawan, Willy Tri Hardianto, Agung Suprojo

Sari


Faktor terpenting dalam mencapai tujuan organisasi adalah sumber daya manusia (SDM). Alat Umum Negara dipandang sebagai panggilan yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangannya sendiri, bertanggung jawab atas kinerjanya, dan menggunakan meritokrasi dalam pengelolaannya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) ASN Kota Malang. Penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Sub Koordinator Pengembangan Kompetensi dan Staf Bidang Penilaian Kinerja dan Penghargaan menentukan informan penelitian. Wawancara , dokumentasi, dan observasi adalah semua metode pengumpulan data. Triangulasi metode analisis dataBerdasarkan temuan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa kebijakan yang berkaitan dengan pertumbuhan sumber daya manusia ASN di Kantor BKPSDM Kota Malang berjalan efektif. Hal ini dapat dilihat dari Sasaran Kebijakan, Sumber Daya, dan Agen Pelaksana telah berfungsi sebagaimana mestinya, seperti yang ditunjukkan oleh sumber daya manusia manusia yang tergabung dalam ASN Kota Malang, seperti yang terlihat dalam laporan BKPSDM Kota Malang. Setelah dilakukan evaluasi, hal ini Berdasarkan hasil temuan penelitian tidak ada faktor penghambat karena pegawai – pegawai yang bertugas di BKPSDM adalah orang yang sumber daya manusianya unggul dalam memberikan penilaian, evaluasi, dan penghargaan kepada ASN Kota Malang. Dari segi faktor pendukung, fasilitas BKPSDM sudah mumpuni, seperti sarana dan prasarana yang lengkap, seperti gedung, komputer, dan sumber daya pengawasan BKPSDM yang mumpuni sesuai bidangnya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akib, H. 2010. Implementasi: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana. Jurnal Administrasi Publik. 1(1): 1-11.

Amella, D., Budiarti, I. 2018. Pengaruh Manajemen Pengetahuan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Sikap Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Aia Financial Cabang Bandung. 1-9.

Ari, E. A. (2021). Penerapan Pasal 3 Angka 11 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Di Kabupaten Ende. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1), 269-284.

Hamid, A. 2020. Pengembangan sumber daya manusia (SDM). (Internet). https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/berita/pengembangan-sumber-daya-manusia-sdm. Diakses pada 8 Oktober 2021.

Harahap, S. R. 2016. Pengaruh Strategi Pengembangan Sumber Daya Insani Terhadap Peningkatan Kinerja Dan Mutu Pelayanan Pada Pt. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Medan. Analytica Islamica. 5(1): 149-168.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Pustaka Ilmu. Yogyakarta.

Hariadi, D. 2011. Analisis Kebijakan Implementasi E-Government Terhadap Pelayanan Kependudukan dan Perekonomian Di Kabupaten Sragen. (Tesis). Fakultas Ekonomi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hartanto, S. B. 2015. Pengembangan sumber daya manusia (SDM) pendidikan. Jurnal intelegensia. 3(2): 19-27.

Hasanah, H. 2016. Teknik-Teknik Observasi. (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). Jurnal At-Taqaddum. 8(1): 21-46.

Hijriah. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Lingkup Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mamuju Utara. 4(5): 37-50. ISSN: 2302-2019.

Huda, M. C. (2018). Meneguhkan Pancasila Sebagai Ideologi Bernegara. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 1(1), 78-99.

Indonesia, Pemerintah Negara Republik. "Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara." (2014).

Pasiak, Pit. "Pengembangan Karier Aparatur Sipil Negara (ASN) Berdasarkan Sistem Merit Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara Pada Pemerintah Kota Bitung." Lex Administratum 8.2 (2020).

Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025.

Putra, Y. D., & Sobandi, A. 2019. Pengembangan Sumber Daya Manusia Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 4(1): 127-133.

Runi, A. 2019. Akuntabilitas Dan Transparansi Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa. (Skripsi). Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “AMPDâ€. Yogyakarta.

Satria, B. A. 2020. Studi Implementasi Kebijakan Sistem Resi Gudang Pada Komoditi Lada Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal ilmu administrasi publik. 8(2): 333-346.

Selviana, N. 2018. Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Takalar. (Skripsi). Fakultas ekonomi dan bisnis: universitas muhammadiyah makassar.

Setiawan, A., Putra, F., dkk. 2015. Pelatihan Dan Pengembangan SDM. (Makalah). Fakultas Ilmu Administrasi: Universitas Brawijaya.

Sidiq, U., & Choiri, M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Nata Karya. Ponorogo.

Taufiqurokhman. 2014. Kebijakan Publik: Pendelegasian Tanggung Jawab Negara Kepada Presiden Selaku Penyelenggara Pemerintahan. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Moestopo Beragama (Pers).

Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v11i1.8222

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>