EFEKTIVTAS PENGELOLAAN DATA TERPADU KESEJAHTERAAN SOSIAL BERBASIS APLIKASI SIKS-NG DI DINAS SOSIAL KABUPATEN SAMPANG

Tajul Ulum, Muhamad Rifa’I, Annisa Purwatiningsih

Sari


Regulasi transformasi digital memberikan pemahaman tentang pentingnya digitalisasi untuk menghadapi paradigma kerja sesuai tuntutan zaman. Transformasi digital sesuai regulasi di Indonesia terkait big data. Pemerintah akan menyempurnakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan meningkatkan fasilitas perlindungan sosial serta mendukung monitoring dan evaluasi. Reformasi sistem perlindungan sosial secara bertahap ini sangat penting dalam mendukung upaya pengentasan kemiskinan ekstrim pada tahun 2024†(Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 2020). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Program Jaminan Kesejahteraan Sosial yang merupakan suatu sistem yang dilaksanakan oleh negara dan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 dan peraturan perundang-undangan negara lainnya serta program-program yang dilaksanakan oleh Sistem Jaminan Sosial, pemberdayaan masyarakat diprioritaskan bagi fakir atau miskin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari informan dan dokumen yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial di Dinas Sosial Kabupaten Sampang telah dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, namun belum optimal karena data masih ditemukan permasalahan mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, alamat tidak sinkron dan data belum terupdate. Faktor penghambatnya adalah masih banyak data masyarakat yang tidak sinkron dengan data yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, penggunaan data penerima bansos belum dimutakhirkan dan data yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial Urusannya masih belum terarah secara optimal.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Jakarta. Rineka Cipta.2013

Bappenas. Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Dataterpadu Kesejahteraan Sosial.8(5),55.2019-2020

D. Riani, G. Agung, A. Putri, P. Agus, and E. Pratama, “E. Readiness Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gianyar),†J. Ilm. Teknol. dan Komp. ut., vol. 2, no. 3, pp. 1–12, 2021.

J.EKaawoan,G.T.,& Rachman,I.(2019).Perencanaan Pengelolaan Dana Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Fisik Di Desa Kuma Kecamatan EssangSelatan Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Eksekutif, 3(3), 1-10.

I. D. Sujatmiko, I. G. Lanang, and P. Eka, “Implementasi Technology Acceptance Model 3 ( TAM 3 ) Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Investasi dan Trading Saham (Studi Kasus : Aplikasi Mobile IPOT ),†(Journal Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell. vol. 03, no. 01, pp. 35–44, 2022.

Latuharhary,J.T.,Mantiri, M.S.,& Sampe,S. Pengelolaan Aset Daerah (Studi di Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon ). 2014

Matthew B. Miles, A Michael Hubermas and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis.3 Edition. Sage Publication Inc. 2455 Teller Road Thousand Oacks. California,2018.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya,2014

PUSDATIN.(2020).SIKS-NG.https://dtks.kemensos.go.id/Profil DTKS/topic/333(Di Akses Pada Tanggal 04 Desember 2021).

Ratnawati.Pengelolaan Retribusi Pasar Sentral Sengkang Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Wajo. Journal of Chemical Informationan and Modeling,53(9),1689-1699.2020

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v11i1.8218

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>