STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 MALANG TAHUN 2022

Warsono Warsono, Cahyo Sasmito, Asih Widi Lestari

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan kualitas layanan publik tenaga pendidik di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Malang, sesuai dengan amanat undang-undang bahawa sekolah harus memenuhi 8 Standart Nasioal yang salah satunya adalah standar pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Malang dengan teknik Kualitatif. Penentuaan informan dilakukan dengan teknik Purposive Sampling kemudian data yang ditemukan dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan publik tenaga pendidik sudah cukup baik. Faktor pendukung Strategi Kepala Sekolah dalam meningkan kualitas layanan pendidik di SMA Negeri 6 Malang di sampaikan bahwa guru bertugas merencanakan progam pengajaran, melaksanakan progam yang telah disusun dan melaksanakan penilaian setelah progam itu dilaksanakan. Sebagai pendidik guru bertugas mengarahkan peserta didik pada tingkat kedewasaan yang berkepribadian sempurna, dan melaksanakan tugasnya secara maksimal dan penuh tanggungjawab sehingga tujuan dari pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal serta Suasana sekolah yang kondusif sehingga proses belajar dan mengajar bisa berjalan dengan menyenangkan, serta adanya reward bagi pendidik yang berprestasi, dan memberikan kesempatan ijin belajar kepada tenaga Pendidik untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jurnal

Abdal Malik Fajar Alam (2020), Penelitian Berjudul Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah KejuruanAminah (2020)

Penelitian Berjudul Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Dompu

Kurnia Putri Perdani (2018)), Penelitian Berjudul Strategi Kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui kompetensi kewirausahaan di SMK Islam Al-Qomar Nganjuk

Achmad Rifai (2018), Strategi Kepala sekolah dalam implementasi pendidikan nilai di sekolah, Vol. 1, No. 1, November 2018

Dian Tri Wibawani (2019), Kepemimpinan Visioner kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan, Volume 2 Nomor 4 Desember 2019

Eci Sriwahyuni (2019) Strategi Kepala sekolah dalam mengimplementasikan Standart Nasional Pendidikan (SNP), Vol. 4, No. 1, Januari-Juni 2019.

Meila Hayudiyani (2020), berjudul Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah, Volume 8, No. 1, April 2020

Kusen (2019), Strategi Kepala sekolah dan implementasinya dalam peningkatan kompetensi guru, VOL. III, NO. 2, DESEMBER 2019

Muhammad Sawir (2021) Budaya Birokrasi Pemerintah dalam pelayanan Publik, Vol.2 No.4 September 2021

Noor Fatikah (2019) Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Dan Etos Kerja Guru Di Sma Negeri Bareng Jombang, P-ISSN: 2621-5837

Sri Banun (2016), Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan pada SMP negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar, ISSN 2302-0156

Suparman. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah & Guru (Sebuah Pengantar Teoritik). Jurnal Manajemen Pendidikan, 191.

Buku

Abdul Wahab, S. (2018). Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara, 295.

Budi Winarno, 2007. Kebijakan Publik: Teori dan Proses, (Edisi Revisi), Yogyakarta: Media Pressindo, ISBN -979-222-207-3

Hartini, Saryanto, Ningsih, A., Rudiyanto, M., Nasution, F., Nurhikmah, Badrianto, Y., Dewi, N. S., Kasanova, R., Wardhana, A., Djampagau, H. R. D., & Rochmi, A. (2021). Pengantar Manajemen (Teori Dan Konsep)

Creswell.2015. Riset perencanaan, dan evaluasi riset kualitatif dan kuantitatif pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Shilphy A. Octavia (2019) Sikap Dan Kinerja Guru Profesional - Google Books.

Mulyasa, E. (Enco). (2003). Menjadi kepala sekolah profesional: dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. 292.

Mulyasa, E. (Enco). (2008). Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan: kemandirian guru dan kepala sekolah. 279.

Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah

Undang-Undang No.25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Departemen Pendidikan, N. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 33(31), 79192564.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 Tentang Ketentuan Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan

Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah 74 Tahun 2008 Tentang Guru




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v11i1.8199

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>