EFEKTIFITAS KINERJA KOORDINATOR KABUPATEN DALAM PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)

Amru Alba, Fidhia Aruni, Ana Zahara, Amiruddin Abdullah

Sari


Penelitian ini mengkaji Efektifitas Kinerja Koordinator Kabupaten di Program Keluarga Harapan. Tujuan penelitian untuk memahami efektifitas kinerja Koordinator Kabupaten Program Keluarga Harapan dalam pelaksanaan bisnis proses program di Kabupaten Aceh Utara, implementasi program dan dampak keberadaan Koordinator Kabupaten bagi Sumber Daya Manusia pelaksana program. Penelitian ini dilakukan di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara. Metode yang digunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih, menyederhanakan, menggolongkan, menyajikan dan menarik kesimpulan. Keberadaan koordinator untuk mengoordinasikan bisnis proses program ditingkat stakeholder kabupaten serta menyampaikan laporan bisnis proses program dari Pendamping Sosial dan Administrator Pangkalan Data ke Koordinator Wilayah Aceh dan Koordinator Regional Sumatera. Keberadaan koordinator dibutuhkan untuk melaporkan secara berjenjang bisnis proses program sampai ke Direktorat Jaminan Sosial, Kementerian Sosial Republik Indonesia. Keberadaan koodinator tidak dirancang oleh kabupaten tetapi regulasi dari Kementerian Sosial. Data penerima manfaat masih diperlukan validasi dan verifikasi oleh Pendamping Sosial di kecamatan-kecamatan. Koordinator dibutuhkan untuk mengoordinir validasi dan verifikasi data. Diperlukan kerjasama lintas sektor untuk suksesnya pemberian bantuan, oleh karena itu keberadaan koordinator dibutuhkan untuk melakukan koordinasi lintas sektor ditingkat kabupaten, terutama dengan Bank Syariah Indonesia, Badan Pembangunan Daerah, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jurnal

Santi Dwi Novia dan Lailul Mursyidah. (2022) Effectiveness of The Familly of Hope Program: Efektifitas Program Keluarga Harapan, Indonesia Journal of Public Policy Review, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Volume 19.

Fitri Aningsih Elia dan Yahya Nusa. (2021) Analisis Efektifias Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kampung Nawaripi Distrik Wania Kabupaten Mimika, Jurnal Critis Volume 5, Nomor 1, Edisi April.

Nova Abizal, Maimun dan Yulindawati. (2022). Efektifitas Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya). Jurnal Ilmiah Basis Ekonomi dan Bisnis Volume 1, Nomor 1. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Astari, Urika Tri. (2018). Efektifitas Program Keluarga Harapan Dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan di Kecamatan Pandak Bantul. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial, Karangmalang, Yokyakarta.

Nurmayasari, I. Viantimala, B. and Gultom, DT. Yanfika, H, and Mutolib, A. 2020. Partispasi dan Kepuasan Petani terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian di Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Mimbar Agribisnis, 6 (1). PP. 448-459.

Buku-Buku

B. Milles, Matthew, Huberman, A. Michael. 2009. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru, terjemahan, Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press)

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif. Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Prenada

Mulyana, Deddy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Menggagas Model Jaminan Sosial Universal Bidang Kesehatan, Bandung: Alfabeta

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung. Alfabeta.

Muhammad Luthfi, (2019). Efektifitas Batuan Sosial Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga (Studi Kasus di Desa Margajaya Kecamatan Ngamprah KBB), IKIP Siliwangi.

Dokumen

Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial. 2019. Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan, Kementerian Sosial RI, Jakarta.

Kementerian Sosial RI. Pedoman Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) 2017

Kementerian Sosial RI Undang-Undang Dasar 1945. kebijakan pemerintahan dalam menanggulangi kemiskinan.

Kementerian Sosial RI Undang-Undanng No. 1 Tahun 2018. Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial. Pedoman Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) 2015.

Tim Pengarah Program Keluarga Harapan (PKH) Pusat. 2017. Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH.). Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v10i2.7896

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>