Implikasi Hukum Penerapan Good Corporate Governance Menurut Surat Edaran Menteri Bumn Nomor SE-2/MBU/07/2019 Tanggal 29 Juli 2019 Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta

RA Shinta Dewi Mulyarahayu

Sari


Permintaan masyarakat terhadap produk dan jasa rumah sakit semakin meningkat. Peningkatan jumlah kunjungan pasien dapat menyebabkan meningkatnya beban kerja pegawai rumah sakit yang dapat mempengaruhi mutu pelayanan yang diberikan sehingga akan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Strategi yang diperlukan dalam meningkatkan mutu pelayanan ialah melalui implementasi good corporate governance (GCG). Permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimana penerapan prinsip GCG berpengaruh terhadap kepuasan pasien? Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan prinsip GCG terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan di RSPP Jakarta dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ialah seluruh pasien unit rawat inap di RSPP Jakarta tahun 2022. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini ialah prinsip-prinsip GCG memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan pasien. Pasien menilai penerapan prinsip GCG cukup baik dan pasien merasa cukup puas dengan penerapan prinsip GCG di RSPP Jakarta. Disarankan kepada pihak rumah sakit perlu adanya peningkatan terhadap penerapan prinsip-prinsip GCG dan sebaiknya tidak terjadi perbedaan pelayanan kesehatan kepada pasien VIP, kelas I, kelas II, dan kelas III.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiarti, Isniar. 2011. “Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance (GCG) Pada Dunia Perbankan.†Majalah Ilmiah UNIKOM, 263–68.

Chandra, Christian. 2016. “Implementasi Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Pada Rumah Sakit.†Agora 4(1):869–74.

Eldenburg, Leslie, Benjamin Hermalin, Michael S. Weisbach, dan Marta Wosinska. 2001. “Hospital Governance, Performance Objectives, and Organizational Form.†1–28.

Nyoman, Tjager I., F. Antonius Alijoyo, Humphrey R. Djemat, dan B. Sembodo. 2006. Corporate Governance: Tantangan dan Kesempatan Bagi Komunitas Bisnis Indonesia. Jakarta: Prehalindo.

Rohaeni, Nani. 2013. “Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance dan Tingkat Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien.†Universitas Binabangsa 6(2).

Sedarmayanti. 2007. Good Governance dan Good Corporate Governance (Tata Kelola Perusahaan yang Baik). Bandung: Mandar Maju.

Soekanto, Soerjono, dan Sri Mamudji. 2001. Penelitian Hukum Normatif: Suatu Tinjauan Singkat. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Toha, Suherman. 2007. Penelitian Masalah Hukum Tentang Penerapan Good Corporate Governance Pada Dunia Usaha. Jakarta: Badan Pembinaan Hukum Nasional, Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Trisnantoro, Laksono. 2005. Aspek Strategis Manajemen Rumah Sakit Antara Misi Sosial dan Tekanan Pasar. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v10i2.7632

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>