OPTIMALISASI KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PROGRAM E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN CIREBON

Iskandar Zulkarnaen

Sari


Abstract

 

Title of writing in the research Optimization of Employee Performance in Increasing Public Participation E-Ktp Program In Population and Cirebon Regental Civil Registry.
This research is a descriptive research type using qualitative research method. This research is based on the existence of phenomenon where still found some obstacles in Optimizing Performance of Cirebon Regency Staff. This research was carried out in the Department of Population and Civil Registration of Cirebon Regency, the obstacles in the performance of employees to increase community participation are: Still found employees who are late to accomplish their tasks, for example coming late home early, Still lack of socialization to the public about the importance of having E-KTP due Employee performance is not optimal, and mobile car service is not optimal due to this service during working hours.

Mangkunegara (2013: 63) suggests that Performance is the result of work both in quality and quantity achieved by a person in performing tasks according to the responsibilities given to him. While Mathis and Jackson (2006: 65) states that performance is basically what employees do or do not do. Luthans (2005: 165) suggests that performance is the quantity or quality of something produced or services provided by someone who does the work.

Cirebon District Office of Population and Civil Registration has made several alternatives in overcoming the problems such as: Already supervision by Head of Department and Secretary for the performance of employees increased, has done socialization in every district of the importance of E-KTP but still not optimal, With mobile car service in every village but still not optimal, socialization has been done Regional Regulation No. 3 of 2014 on the Implementation of Population Administration, especially E-ID program so that public awareness has E-KTP was increased.

The results have been achieved such as the performance of employees both in quality and quantity, the Community is more orderly Administration, the Community is more aware of the importance of E-KTP and It is expected that people no longer use the services of third persons for the management of E-KTP.

The conclusion of the results of this study as a whole is Employee Performance In Improving Public Participation E-Ktp Program At Population and Civil Registration Office Cirebon Regency has not been achieved optimally. This can be seen from the still many people do not understand about making E-KTP

 

 

 

 

 

Abstrak

 

Judul penulisan dalam penelitian Optimalisasi Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Program E-Ktp Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cirebon.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian secara deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini didasarkan pada adanya fenomena dimana masih ditemukan adanya beberapa kendala dalam Optimalisasi Kinerja Pegawai Kabupaten Cirebon. Penelitian ini di laksanakan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cirebon, kendala dalam kinerja pegawai untuk meningkatkan partisipasi masyarakat adalah: Masih ditemukan pegawai yang terlambat menyelesaikan tugasnya, contohnya datang terlambat pulang lebih cepat, Masih kurangnya sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya memiliki E-KTP dikarenakan kinerja pegawai belum optimal, dan pelayanan mobil keliling belum optimal dikarenakan pelayanan ini saat jam kerja.

Mangkunegara (2013:63) mengemukakan bahwa Kinerja adalah hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Sedangkan Mathis dan Jackson (2006:65) menyatakan bahwa kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan pegawai.  Luthans (2005:165) mengemukakan bahwa kinerja adalah kuantitas atau kualitas sesuatu yang dihasilkan atau jasa yang diberikan oleh seseorang yang melakukan pekerjaan.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cirebon sudah melakukan beberapa alternative dalam mengatasi masalah tersebut diantaranya: Sudah dilakukan pengawasan oleh Kepala Dinas dan Sekertaris agar kinerja pegawai meningkat, sudah dilakukannya sosialisasi disetiap kecamatan akan pentingnya E-KTP  namun masih belum optimal, sudah dilakukannya upaya jemput bola dengan pelayanan mobil keliling disetiap desa namun masih belum optimal, sudah dilakukan sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan khususnya program E-KTP agar kesadaran masyarakat memiliki E-KTP itu meningkat.

Hasil yang telah dicapai diantaranya kinerja pegawai baik secara kualitas maupun kuantitas, Masyarakat jadi lebih tertib Administrasi, Masyarakat jadi lebih mengetahui akan pentingnya E-KTP dan Diharapkan masyarakat tidak lagi menggunakan jasa orang ketiga untuk pembuatan kepengurusan E-KTP.

Kesimpulan hasil penelitian ini secara keseluruhan adalah Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Program E-Ktp Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cirebon belum tercapai secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya masyarakat belum paham tentang pembuatan E-KTP.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Buku-Buku

Mangkunegara, Anwar Prabu . 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2006. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Luthans, F. 2005. Organizational Behavior. New York: McGraw-hill.

Robbins, Stephen P., 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Sumaryadi, Nyoman. 2010. Sosiologi Pemerintahan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Adisasmita, R. 2006. Membangun Desa Partisipatif. Yogyakarta: Indie Book Corner

Profil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cirebon 2016.

Peraturan

UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan atas Perubahan UU Nomor 26 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Peraturan Daerah Kabupaten Cirebon Nomor 3 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v3i1.760

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>