IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA USAHA TERNAK BURUNG PUYUH DI MASA PANDEMIC COVID-19 (STUDI KASUS PADA YAYASAN YATIM PIATU MANARUL ICHSAN CURUG DEPOK)

Munarsih Munarsih

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi digital marketing yang diantaranya pelaku usaha ternak burung puyuh Yayasan Yatim Piatu Manarul Ichsan Curug Depok melakukan implementasi digital marketing di masa pandemic covid-19 dan melakukan strategi inovasi produk di masa pandemik covid-19. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu deskriptif tidak memberikan perlakuan, manipulasi atau pengubah pada variabel-variabel yang diteliti, melainkan menggambarkan suatu kondisi yang apa adanya. Satu-satunya perlakuan yang diberikan hanyalah penelitian itu sendiri, yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku usaha ternak burung puyuh dalam implementasi digital marketing yang dilakukan adalah melalui e-commerce diantaranya melalui website dan social media (whatsapp, Instagram, facebook, dan lain-lain). Selain itu, strategi inovasi produk yang dilakukan oleh usaha ternak burung puyuh Yayasan Yatim Piatu Manarul Ichsan Curug Depok diantaranya: terus berinovasi menghadirkan produk terbaru. Sehingga usaha dapat bertahan di masa pandemic covid serta dapat meningkatkan penjualan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andi, Alma B. 2007. Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.

Atmoko, Tjipto dan Jenny Ratna Suminar. 2007. Pengukuran Kualitas Pelayanan Administrasi Penanaman Modal Di Kabupaten Garut, Laporan Penelitian, Penelitian PenelitiMuda (Litmud) Unpad yang dipublikasikan.

Chaffey, Dave & Ellis, Chadwick. 2016. Digital Marketing, Sixth Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited

Fredy, Rangkuti. 2008. The Power of Brand, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, CAPS, Yogyakarta.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, dan Amstrong. 2006. Principle of Maketing, United State: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2,PT. Indeks. Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler dan Armstrong. 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran, Alih Bahasa oleh Wisnu Chandra Kristiaji. Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2001. Manajamen Pemasaran di Indonesia Implementasi dan Pengendalian, Salemba Empat, Jakarta.

Lamb, Hair, dan McDaniel. 2001. Pemasaran Buku 2, Salemba Empat, Jakarta.

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi, Salemba Empat, Jakarta.

Munarsih. 2019. Analisis Strategi Pelaksanaan Pelayanan Pendidikan pada SDIT Bina Cendekia – Depok. Jurnal Kompetitif, Vol 2, No. 3, 136-155.

Munarsih, Mada F. Akbar, Ariyanto, A., Ivantan, Sudarsono, A. 2020. Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa untuk Berwirausaha pada SMK Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, Vol 3, No. 1, 22-27.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D, Alfabeta.

Supranto. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta, 230,243.

Swastha, Basu. 2000. Azas-azas Marketing, Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi tiga, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/.v10i1.7432

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>