STRATEGI KOMUNIKASI KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM MEMBERIKAN INFORMASI MENGENAI ATURAN PEMBANGUNAN RUMAH IBADAT DI KOTA CIREBON

Dian Andriany, Moh Malik Abdul Azis

Sari


Forum kerukunan umat beragama disingkat FKUB adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan, dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penjaga kerukunan umat beragama di wilayah kota Cirebon yang mempunyai dinamika umat beragama yang kompleks. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa FKUB Kota Cirebon menggunakan strategi komunikasi model analisis seperti analisis SWOT, analisis akar masalah, analisis kekuatan medan, analisis kesenjangan, pembakuan mutu, metode konstruksi skenario, dan metode analisisi identifkasi isu. Realisasi dari penerapan strategi tersebut dengan memberikan sosialisasi lewat para pemuda antar agama dan tokoh-tokoh agama yang di Kota Cirebon untuk menyampaikan informasi aturan pendirian rumah ibadat. Faktor-faktor yang menghambat dari FKUB Kota Cirebon dalam mengupayakan penyampaian informasi tersebut adalah intervensi dari struktur diatas yang membawahi FKUB Kota Cirebon itu sendiri.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, E. Zaenal, dan Tasai, Amran. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia. Akapres. Jakarta.

Cresswell, John W. 2013. Research Design. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2015. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Permata Press

Efendi, Sofyan & Tukiran. 2014. Metode Penelitian Survey. Jakarta : LP3S.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta : Erlangga.

Jamaludin, Adon Nasrullah. 2015. Agama dan Konflik Sosial. Bandung : Pustaka Setia.

Kurniadi, Fajar. Maret 2015. Strategi Komunikasi Program 2 Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Jaringan Cirebon dalam Meningkatkan Minat Pendengar : Studi Deskriptif Kualitatif pada Program Waktu Indonesia Bagian Request. Cirebon : Jurnal Ilmiah. 27 Februari 2017.

Koentjaraningrat. 2002. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Rineka Cipta.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

........... 2013. Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Littlejohn, Stephen W., dan Foss, Karen A. 2014. Teori Komunikasi. Jakarta : Salemba Humanika.

Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Pratiwi, Adelisa. Juni 2012. Strategi Komunikasi Direktorat Penyiaran dalam Mengkomunikasikan Peraturan dan Kebijakan Proses Perizinan Penyiaran: Studi Evaluatif pada Kementrian Komunikasi dan Informatika. Jakarta : Jurnal Ilmiah. 5 Maret 2017.

Sobur, Alex. 2014. Filsafat Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sunaryo, dkk. 2017. Indonesia Zamrud Toleransi. Kepulauan Riau : Pusat Studi Islam dan Kenegaraan Indonesia.

Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekaatam Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v9i2.6654

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>