PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E ARSIP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI POLITEKNIK LP3I JAKARTA

Faridah ., Rahayu Tri Utami

Sari


Penelitian ini difokuskan kepada penggunaan media pembelajaran e arsip yang dapat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa, khususnya pada mata kuliah kearsipan. Banyak sebenarnya yang dapat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran e arsip terhadap motivasi belajar mahasiswa di Politeknik LP3I Jakarta Kampus Cimone dan Kampus Depok pada pelajaran kearsipan. 2) Untuk mengetahui desain program e-arsip yang sesuai dengan materi dalam teori kearsipan, 3) untuk mengetahui efektifitas pembelajaran kearsipan menggunakan media e arsip pada pelajaran kearsipan.  Penelitian ini menggunakan metode survey verifikatif dengan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa. Dengan populasi yaitu mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta Kampus Cimone dan Depok Tingkat II yang sudah belajar kearsipan konvensional dan Elektronik Arsip yang berjumlah 80 orang sebagai populasi dan juga ditetapkan sebagai sampel. Analisa data menggunakan teknik regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan  diatas dapat diketahui bahwa terdapat hubungan atau pengaruh yang positif sebesar 51% antara media pembelajaran dengan motivasi belajar mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta Kampus Cimone dan Depok, sedangkan 49% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

 

Kata Kunci : Penggunaan Media pembelajaran, E-Arsip, Motivasi Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barthos Basir. Manajemen Kearsipan Untuk Lembaga Negara, Swasta dan Perguruan Tinggi. Jakarta : Bumi Aksara, 2007.

Braningtyas Puspitasari, Devi. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. EMPHATY Vol. 1 No. 1 Desember 2012.

Maulinawati, Siska, Cahya dan Siti Umi Khayatun Mardiyah pengaruh metode mengajar dan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas x mata pelajaran kearsipan kompetensi keahlian administrasi perkantoran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran - S1 Vol 7, No 8 (2018)

Mulyadi, Ajang. Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Jurnal pendidikan akuntansi dan keuangan. Vol 4 No. 1 (2016).

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004,hal. 82

Rachmawati, Febri dan Janah Sojanah. Pengaruh media pembelajaran dan komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan di SMKN 1 Bandung. Jurnal pendidikan Manajemen Perkantoran. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran. Vol 4. No. 2 (2019)

Sudjana, Nana. Penilaan Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009

Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Bandung Alfhabeta, 2013

Uno, B, Hamzah. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Viqih, Heri. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta. Penerbit DEEPUBLSH Grup Penelitian Budi Utama, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v8i2.4146

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>