KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN CIREBON

Tiara Chayani, Moh Taufik Hidayat, Moh Sutarjo

Sari


Adanya permasalahan yang dihadapi dalam pelayanan perpustakaan belum sesuai harapan pengunjung perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana Kualitas Pelayanan Perpustakaan, hambatan yang dihadapi dalam kualitas pelayanan perpustakaan dan upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam kualitas pelayanan perpustakaan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon. Penelitian kualitatif dengan metode yang dimanfaatkan adalah observasi langsung, wawancara secara mendalam dan pemanfaatan dokumen. Studi lapangan dilakukan melalui wawancara dengan informan kunci yaitu Kepala Seksi Bidang Layanan Perpustakaan yang paling banyak mengetahui pelaksanaan Pelayanan Perpustakaan dan Pengunjung perpustakaan yang merasakan secara langsung pelayanan yang diberikan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon. Sedangkan Informan Pendukung yaitu Pustakawan dan Pegawai perpustakaan untuk melengkapi data yang sudah didapatkan dari informan kunci.  Hasil penelitian yang diperoleh tentang Kualitas Pelayanan Perpustakaan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon yaitu: 1) Pelayanan perpustakaan masih belum optimal dikarenakan kelengkapan sarana dan prasarana belum cukup memadai, pegawai belum cermat dalam melayani dikarenakan sistem masih menggunakan manual, keluhan pengunjung belum cepat ditangani dikarenakan ditampung terlebih dahulu untuk melakukan tindakan selanjutnya, pelayanan masih terjadi kesalahan walaupun masih bisa ditolerir, pegawai belum memberikan perhatian pribadi kepada pengunjung, 2) Hambatan yang di hadapi dalam kualitas pelayanan perpustakaan yaitu : sistem pelayanan masih menggunakan manual, jumlah koleksi buku yang tersedia masih terbatas, kelengkapan sarana dan prasarana masih belum memadai, jumlah sumber daya manusia yang tersedia masih minim, 3) Upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi hambatan yaitu : upaya pengomptimalan sistem pelayanan menggunakan komputer, melakukan pengadaan buku setiap tahunnya, penambahan dan pengadaan sarana dan prasarana, pengajuan penambahan pegawai di perpustakaan.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Perpustakaan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasi. Yogyakarta: Gava Media.

Hartono. 2016. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Moleong, J Lexy. 2017. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdayakarya

Mukarom, Zaenal. Dan Muhibudin Wijaya, L. 2016. Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Government and Good Governance. Bandung: CV Pustaka Setia

Pasolong, Harbani. 2016. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta

Sedarmayanti. 2013. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan. Bandung: PT Refika Aditama

Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suwarno, Wiji. 2010. Pengetahuan Dasar Kepustakaan. Bogor: Ghalia Indonesia.

_______. 2009. Psikologi Perpustakaan. Jakarta:CV Sagung Seto

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Undang-Undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007 Tentang Organisasi Perangkat Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Peraturan Daerah Kabupaten Cirebon Nomor 10 Tahun 1994 yang merupakan Pengembangan dari Subbag Umum Setwilda Cirebon.

Peraturan Daerah Nomor 56 Tahun 2004 tentang Pembentukan Kantor Kearsipan dan Dokumen Kabupaten Cirebon.

Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Cirebon.

Peraturan Daerah Kabupaten Cirebon Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Peraturan Bupati Cirebon Nomor 83 Tahun 2016 tentang Fungsi, Tugas Pokok dan Tata Kerja Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan.

Hidayat, Moh.Taufik. 2018. Modul Kuliah Metode Penelitian Administrasi. Cirebon. Tanpa Penerbit




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v7i1.4028

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>