Efektivitas Aplikasi Sinyaman Dinsosku dalam Peningkatan Layanan Kesejahteraan Sosial di Dinas Sosial Kabupaten Kuningan

Authors

  • Mina Chairunisa Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Yanto Heryanto Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/publika.v13i1.11093

Keywords:

Efektivitas, Aplikasi, Sinyaman Dinsosku, Layanan, Kesejahteraan Sosial

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivitas Aplikasi Sinyaman Dinsosku milik Dinas Sosial Kabupaten Kuningan dalam meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat Kabupaten Kuningan. Fokus utama penelitian ini adalah meninjau sejauh mana implementasi aplikasi Sinyaman Dinsosku sesuai dengan teori efektivitas yang optimal. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kegiatan pengambilan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori efektivitas yang dikemukakan oleh  Duncan (dalam Steers 1985:53). Berdasarkan hasil observasi, aplikasi Sinyaman Dinsosku sudah beroperasi dengan baik dan optimal dalam menyediakan pelayanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat. Hal Ini terlihat dari kemampuan aplikasi tersebut untuk dapat mempermudah akses pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan. Namun, masih terdapat beberapa kendala seperti terkadang terjadi keterlambatan verifikasi dari operator Dinas Sosial Kabupaten Kuningan, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terkait pelayanan kesejahteraan sosial kini dapat diakses langsung di tingkat desa dan jaringan internet yang terkadang mengalami gangguan. Guna mengatasi kendala tersebut, Dinas Sosial Kabupaten Kuningan terus berusaha melakukan perbaikan dan evaluasi untuk meningkatkan efektivitas Aplikasi Sinyaman Dinsosku pelayanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat dapat berjalan optimal.

References

Dinas Sosial Kabupaten Kuningan. (2022). Layanan Online Sinyaman Dinsosku. https://dinsos.kuningankab.go.id/layanan-online-dinsos/.

Halimatusa’dia, A., Buser, B., Hidayat, M. T., & Heryanto, Y. (2024). Handling Public Emergencies Through E-Government Platform in Cirebon City. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 3(7), 4131-4141.

Khaerunisa, H., Purnamasari, H., & Mahendra P, L. D. (2024). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government dalam Peningkatan Layanan Kesejahteraan Sosial: Studi Website Sinyaman Dinsosku. Communnity Development Journal, 5(2), 3201-3206.

Lailiyah, I., Wulandari, R., & Anam, M. S. (2025). Peran Dinas Sosial Dalam Menangani Kemiskinan Di Kabupaten Jember. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(3), 683-690.

Pamungkas, D. S., & Juhaeni, M. M. (2025). Efektivitas Kebijakan Pengembangan Pariwisata Terhadap Penurunan Angka Kemiskinan di Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat (Doctoral dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

Rosgani, O. (2025). Angka Kemiskinan di Kabupaten Kuningan Turun, Namun Ketimpangan Meningkat. https://www.tintahijau.com/megapolitan/angka-kemiskinan-di-kabupaten-kuningan-turun-namun-ketimpangan-meningkat/

Rusadi, S. (2023). Penerapan E-Government Melalui Aplikasi ‘Sitanjak Makin Mantap’ oleh Dinas Sosial. Jurnal Governansi, 9(2), 95-102.

Sabarisman, M. (2015). Peluang dan Tantangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sosio Informa, 1(1).

Steers, R. M. (2020). Efektivitas Organisasi: Sebuah Tinjauan Perilaku. Jakarta: Erlangga.

Suryantoro, B., & Kusdyana, Y. (2020). Analisis kualitas pelayanan publik pada Politeknik Pelayaran Surabaya. Jurnal Baruna Horizon, 3(2), 223-229.

Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial.

Downloads

Published

2025-06-09

Citation Check