Efektivitas Aplikasi Sinyaman Dinsosku dalam Peningkatan Layanan Kesejahteraan Sosial di Dinas Sosial Kabupaten Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.33603/publika.v13i1.11093Keywords:
Efektivitas, Aplikasi, Sinyaman Dinsosku, Layanan, Kesejahteraan SosialAbstract
Penelitian ini membahas tentang efektivitas Aplikasi Sinyaman Dinsosku milik Dinas Sosial Kabupaten Kuningan dalam meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat Kabupaten Kuningan. Fokus utama penelitian ini adalah meninjau sejauh mana implementasi aplikasi Sinyaman Dinsosku sesuai dengan teori efektivitas yang optimal. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kegiatan pengambilan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori efektivitas yang dikemukakan oleh Duncan (dalam Steers 1985:53). Berdasarkan hasil observasi, aplikasi Sinyaman Dinsosku sudah beroperasi dengan baik dan optimal dalam menyediakan pelayanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat. Hal Ini terlihat dari kemampuan aplikasi tersebut untuk dapat mempermudah akses pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan. Namun, masih terdapat beberapa kendala seperti terkadang terjadi keterlambatan verifikasi dari operator Dinas Sosial Kabupaten Kuningan, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terkait pelayanan kesejahteraan sosial kini dapat diakses langsung di tingkat desa dan jaringan internet yang terkadang mengalami gangguan. Guna mengatasi kendala tersebut, Dinas Sosial Kabupaten Kuningan terus berusaha melakukan perbaikan dan evaluasi untuk meningkatkan efektivitas Aplikasi Sinyaman Dinsosku pelayanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat dapat berjalan optimal.
References
Dinas Sosial Kabupaten Kuningan. (2022). Layanan Online Sinyaman Dinsosku. https://dinsos.kuningankab.go.id/layanan-online-dinsos/.
Halimatusa’dia, A., Buser, B., Hidayat, M. T., & Heryanto, Y. (2024). Handling Public Emergencies Through E-Government Platform in Cirebon City. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 3(7), 4131-4141.
Khaerunisa, H., Purnamasari, H., & Mahendra P, L. D. (2024). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government dalam Peningkatan Layanan Kesejahteraan Sosial: Studi Website Sinyaman Dinsosku. Communnity Development Journal, 5(2), 3201-3206.
Lailiyah, I., Wulandari, R., & Anam, M. S. (2025). Peran Dinas Sosial Dalam Menangani Kemiskinan Di Kabupaten Jember. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(3), 683-690.
Pamungkas, D. S., & Juhaeni, M. M. (2025). Efektivitas Kebijakan Pengembangan Pariwisata Terhadap Penurunan Angka Kemiskinan di Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat (Doctoral dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri).
Rosgani, O. (2025). Angka Kemiskinan di Kabupaten Kuningan Turun, Namun Ketimpangan Meningkat. https://www.tintahijau.com/megapolitan/angka-kemiskinan-di-kabupaten-kuningan-turun-namun-ketimpangan-meningkat/
Rusadi, S. (2023). Penerapan E-Government Melalui Aplikasi ‘Sitanjak Makin Mantap’ oleh Dinas Sosial. Jurnal Governansi, 9(2), 95-102.
Sabarisman, M. (2015). Peluang dan Tantangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sosio Informa, 1(1).
Steers, R. M. (2020). Efektivitas Organisasi: Sebuah Tinjauan Perilaku. Jakarta: Erlangga.
Suryantoro, B., & Kusdyana, Y. (2020). Analisis kualitas pelayanan publik pada Politeknik Pelayaran Surabaya. Jurnal Baruna Horizon, 3(2), 223-229.
Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmiah Publika Prodi Administrasi Publik. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Ilmiah Publika, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Ilmiah Publika are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.