Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SDN Panyingkiran III

Authors

  • Denisa Andin Yunizar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/publika.v13i1.10632

Keywords:

Role Playing, Pendidikan, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN Panyingkiran III. Permasalahan yang diangkat adalah rendahnya keterlibatan aktif dan hasil belajar siswa akibat dominasi metode ceramah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, kinerja guru, dan persentase ketuntasan belajar siswa, dari 38,67% pada kondisi awal menjadi 87,33% pada akhir siklus kedua. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model role playing efektif dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, partisipatif, dan berdampak positif terhadap pencapaian hasil belajar siswa.

References

Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. In Jurnal Studi Al-Qur’an (Vol. 10, Issue 2). http://ppim.or.id/en/menu/berita/detail.php?r=20121214083330-pengajaran- pendidikan-agama-islam-di-smp-

Aprelia Rukmi, D., & Rochmiyati, S. (2024). ) 2024, hal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(3), 436–442. https://e- journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf

Dewani Harhap, F. (n.d.). Penerapan Metode Role Play Pada Siswa Sekolah Dasar Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. https://doi.org/10.59818/jpi.v4i6.981

Eka Saputra, E., & Zibar Parisu, C. L. (2025). Penguatan Literasi Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar melalui Strategi Pembelajaran yang Mendorong Berpikir Kritis dan Kreatif. JAMPI: Jurnal Abdi Masyarakat Dan Pemberdayaan Inovatif, 1.

Fauza Afifi, Lilik Sabdaningtyas, & fitria akhyar. (2017). PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN TERPADU SISWA KELAS IV JURNAL Oleh FAUZA AFIFI LILIK SABDANINGTYAS FITRIA AKHYAR.

Maulana, A., Hana Pebriana, P., Nur Hidayanti, E., Widityastuti Arini, D., & Pahlawan Tuanku Tambusai, U. (2025). Literature Review: Analysis of Articles on the Application of Role-Playing Method in Improving Speaking Skills of Elementary School Students 08 4*. The Future of Education Journal, 4, Page. https://journal.tofedu.or.id/index.php/journal/index

Miftachul Nur Aini, L., Fatmasari Nastiti, I., Dwi Widayanti, F., Komariyah, S., Profesi Guru, P., & Wisnuwardhana Malang, U. (2025). PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARAKTER TOKOH DAN NILAI MORAL DALAM PEMBELAJARAN NOVEL. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 5(2). https://jurnalp4i.com/index.php/secondary

Nakrowi, Z. S. (n.d.). Revitalisasi Nilai Kearifan Lokal melalui Pembelajaran Debat Bahasa Indonesia. In Bahasa dan Sastra (Vol. 8, Issue 1). Pendidikan. https://e- journal.my.id/onoma

Nur Imansyah, M., & Silviana, U. (2025). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Sekolah Dasar pada Proses Pembelajaran. In JADIKA Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 2).

Pangesthi, R., Nugrahani, F., & Prestasi Belajar, K. (2022). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing INFO ARTIKEL. In Educatif : Journal of Education Research (Vol. 4, Issue 4). http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif

Rizqi Auliya, A., Rumondor, P., FKIP Universitas Tadulako, P., & Negeri Model Terpadu Madani, G. S. (n.d.). UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IIB SD NEGERI MODEL TERPADU MADANI.

Sandra Fera Yulia, D., & Sapto, A. (n.d.). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Downloads

Published

2025-06-09

Citation Check