Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Di Lingkungan Sekolah
Keywords:
kekerasan seksual, pencegahan, sekolah, anak-anak, pendidikan seksualAbstract
Kekerasan seksual di lingkungan sekolah adalah masalah serius yang terus meningkat. Data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menunjukkan tingginya jumlah kasus yang dilaporkan, sementara kemungkinan jumlah kasus yang tidak terungkap bisa jauh lebih besar. Dampak dari tindakan kekerasan seksual menimbulkan konsekuensi yang luas, tidak terbatas pada gangguan fisik saja, tetapi juga sangat memengaruhi kondisi psikologis serta emosional individu yang mengalami, tetapi juga mengganggu proses pembelajaran, menciptakan lingkungan sekolah yang tidak aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya preventif terhadap terjadinya kekerasan seksual di sekolah dan memberikan rekomendasi strategis guna meningkatkan efektivitas langkah-langkah pencegahan. Pendekatan yang duterapkan dalam penelitian ini berupa telaah pustaka yang mengacu pada beragam referensi, seperti artikel, jurnal, dan buku yang membahas permasalahan, dampak, serta upaya perlindungan terhadap anak di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencegahan kekerasan seksual memerlukan pendekatan holistik. Ini mencakup pendidikan seksual komprehensif yang menekankan pentingnya konsensualitas dan batasan pribadi, serta pelatihan bagi guru dan staf untuk mengenali dan merespons kasus-kasus kekerasan. Pembentukan tim respons di sekolah juga sangat diperlukan. Keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat melalui seminar atau workshop dapat meningkatkan kesadaran dan pengawasan terhadap masalah ini. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kekerasan seksual di sekolah, baik dari dalam diri pelaku yang memiliki dorongan seksual, maupun dari luar, seperti kurangnya pendidikan seks, rendahnya kontrol diri, dan lemahnya sistem pelaporan. Oleh karena itu, penanganan yang terintegrasi dan kolaboratif antara sekolah, keluarga, pemerintah, dan masyarakat sangat penting untuk meminimalisir terjadinya kekerasan seksual serta membangun suasana pembelajaran yang terlindungi dan nyaman untuk peserta didik.
References
Sopyandi, Sujarwo, (2023), Kekerasan Seksual di Lingkungan Pendidikan dan Pencegahannya, Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15 (1), 19-25.
Sari, Rizka Puspita dkk., (2024), Analisis Dampak dan Faktor Penyebab Kekerasan Seksual di Lingkungan Sekolah, LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17 (1), 159-168.
Askarial dkk, (2023), Pencegahan Kekerasan Seksual di Kalangan Pelajar, Hawa: Jurnal Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, 1 (2), 62-68.
Herdiana Dian, (2023), Kekerasan Seksual di Lemabaga Pendidikan dalam Perspektif Kebijakan Publik, EQUALITA : Jurnal Studi Gender Dan Anak, 5 (01), 105.
Dian Herdiana. (2023). Kekerasan Seksual di Lembaga Pendidikan dalam Perspektif Kebijakan Publik. Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 4(2), 112-126.
Puspita Sari, R., Bulantika, S. Z., & Nadalifa, T. (2023). Analisis Dampak dan Faktor Penyebab Kekerasan Seksual di Lingkungan Sekolah. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(3), 78-91.
Sari, D. P., & Ramadhani, D. (2021). Peran Guru dalam Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 134-143.
Putri, A. N., & Nugroho, S. (2022). Efektivitas Pendidikan Seksual dalam Mencegah Kekerasan Seksual di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 14(3), 210-220.
Wulandari, F., & Pratama, R. (2023). Sistem Pelaporan Kekerasan Seksual di Sekolah: Studi Kasus di Kota Surabaya. Jurnal Perlindungan Anak Indonesia, 6(1), 55-68.
Rahmawati, S., & Yuliana, N. (2021). Kolaborasi Sekolah dan Orang Tua dalam Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak. Jurnal Pendidikan dan Perlindungan Anak, 5(2), 88-97.
Fauziah, L., & Maulana, T. (2022). Analisis Faktor Risiko Kekerasan Seksual pada Remaja di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 17(2), 145-157.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Ilmiah Publika Prodi Administrasi Publik. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Ilmiah Publika, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Ilmiah Publika are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.