Strategi Peningkatan Jumlah Sayuran Sawi Pada Musim Kemarau di Pasar Jagasatru Kota Cirebon Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Putri Nur Asyifa, R. Eviyati R. Eviyati

Sari


Pasar Jagasatru merupakan pasar sentra sayur mayur terbesar di wilayah III Cirebon. Salah satu komoditas sayur yang disukai konsumen adalah sawi dan permasalahan yang dihadapi adalah sedikitnya persediaan sawi pada musim kemarau sehingga menyababkan harganya melonjak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi peningkatan jumlah sayuran sawi pada musim kemarau. Penelitian dilaksanakan selama bulan Juli sampai November 2020. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah pedagang sayur sawi yang berjumlah 13 orang sehingga teknik pengambilan sampel dilakukan secara sensus. Analisis data menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi peningkatan sayuran sawi di Pasar Jagasatru adalah menambah jaringan pasokan sawi.

 

Kata Kunci: Analytical Hierarchy Process, Cirebon, Pedagang, Pemasok, Sawi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

David, F. R., & Forest R, D. (2016). Manajemen Strategi Konsep. Salemba Empat.

Direktorat Jenderal Hortikultura. (2019). Rencana Strategis Direktorat Jendral Hortikultura Tahun 2019.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriadi, A. (2018). Analytical Hierarchy Process (AHP) Teknik Penentuan Strategi Daya Saing Kerajinan Bordir. Deepublish.

Yuniati, Z. dkk. (n.d.). Analisis Mutu dan Gizi Sayuran Hemat Air di Lahan Sawah Tadah Hujan Prosding Seminar dan Ekspose. Hasil Penelitian.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v3i2.4916

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>