Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks dan Kaitannya dengan Motivasi Belajar Matematika Pada Kelas XI

Nurul Ainin

Abstract


Abstrak
Matematika merupakan pelajaran yang cukup sulit dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Materi matematika di SMA terdiri dari banyak sub materi, diantaranya materi matriks. Berdasarkan data dari hasil ulangan harian pada tahun sebelumnya, didapatkan hasil bahwa nilai dari beberapa siswa pada materi matriks kurang memuaskan. Hal tersebut dikarenakan beberapa siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal terkait materi matriks. Oleh karena itu, Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matriks. Penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babakan tahun akademik 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode tes dan angket yang berisi penyataan yang memuat motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Data dianalisis kemudian ditarik suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian didapat hasil bahwa siswa melakukan 9 jenis kesalahan, yaitu Kesalahan dalam pengoperasian bilangan, kesalahan memahami konsep persamaan matriks, kesalahan dalam menentukan rumus invers matriks, kesalahan dalam menentukan determinan pada matriks, kesalahan dalam menentukan adjoin matriks, kesalahan dalam mengubah soal cerita kedalam kalimat matematika, kesalahan dalam hasil perhitungan, kesalahan dalam melanjutkan proses penyelesaian, kesalahan dalam menentukan hasil akhir.
Kata Kunci : Analisis; Kesalahan; Motivasi; Matriks.


Full Text:

PDF

References


Rahmawati, A. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Pada Mata Kuliah Kalkulus I .Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 8, No. 1.

Cahyani, C. A, Sutriyono.(2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan, dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika Vol 2, No. 1.

Layn, M.R, Kahar, M.S,.(2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Math Educator Nusantara. Vol 03, No. 02.

Yulia, R, Fauzi, Awaluddin.(2017). Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal Di Kelas V SDN 37 BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol2, No. 1.

Happy, N. & D. B. Widjajanti. (2014). Keefektifan PBL ditinjau dari kemampuan Berfikir kritis dan kreatif matematis, serta self esteem siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1: 48-57.

Sholekah, L. M.,Anggreini, D., Waluyo A.(2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi.Wacana Akademika.1(2):151-158

Wiyartimi, dkk.(2010). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Trigonometri Rumus-rumus Segitiga.JMAP 9(2):89-99.

Malau,L.(1996). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Kelas 1 SMU Kampus Nommense Pematang Siantar dalam Menyelesaikan Soal-soal Terapan SSiswa Persamaan 2 Variabel. Tesis tidak Diterbitkan. Malang: IKIP Malang

Hidayat, dkk. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa kelas X SMA Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi. Vol.1, No.1

Yusmin, Edy.(1996). Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Objek Belajar Matematika. Pontianak: Unversitas Tanjungpura




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v7i2.3122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>