Blogspot dan Kahoot Sebagai Media Inovatif Lingkungan Pembelajaran Abad 21 (Sebuah Refleksi)

Authors

  • Muhammad Habiburrohman SMA Edu Global Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/dj.v11i1.9701

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang refleksi penggunaan media Blogspot dan Kahoot sebagai media inovatif pembelajaran abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data menggunakan kajian pustaka (Library research). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengakomodasikan keterampilan 4C melalui media pembelajaran kekinian. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media Blogspot dan Kahoot cocok diterapkan pada pembelajaran abad 21 yang mengedepankan karakteristik 4C (critical thinking, creative and inovative thinking skill, communication skill, and collaboration skill). Media Blogspot diterapkan pada proses dan produk pembelajaran. Tahap proses digunakan pada saat penyampaian materi, sedangkan produk sebagai portofolio hasil belajar siswa. Sedangkan Kahoot dapat digunakan sebagai asesmen formatif, fungsinya untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah Blogspot dan Kahoot sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran, serta menjadikan situasi kelas lebih menyenangkan. Kendala dari penerapan media ini terkait koneksi dan jaringan yang tidak stabil, serta kemampuan guru dan siswa terkait teknologi yang belum merata.  

Downloads

Published

2024-01-28

Issue

Section

Artikel

Citation Check