PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA INSPIRATIF SISWA SMP MELALUI MEDIA PADLET

Authors

  • Jimat Susilo Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Firda Amellia Fitrian Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/dj.v11i1.9584

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam keterampilan menulis teks cerita inspiratif, yaitu rendahnya minat siswa dalam menulis serta siswa merasa kesulitan untuk memulai menulis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerita inspiratif siswa SMP dengan menggunakan media padlet. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media padlet dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita inspiratif siswa yang dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I perolehan nilai rata-rata kelas hanya 69,59 sedangkan pada siklus II perolehan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,32. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks cerita inspiratif siswa dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan media padlet.

Downloads

Published

2024-01-28

Issue

Section

Artikel

Citation Check