Efektivitas Media Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.33603/8h069526Keywords:
Kata Kunci. bahasa Indonesia, efektivitas, google sitesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Google Sites terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, bagaimana daya tarik siswa dalam belajar menggunakan Google Sites, dan mendeskripsikan hubungan antara Google Sites dengan minat siswa dalam mempelajari mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berasal dari pengamatan dalam praktik pembelajaran online menggunakan Google Sites dan wawancara online, kemudian data tersebut diinterpretasikan dengan narasi. Berdasarkan penelitian hasil yang diperoleh adalah media Google Sites merupakan media yang efektif digunakan untuk siswa kelas VII SMP. Dapat diketahui bahwa pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri atau melakukan aktivitas seluas-luasnya kepada siswa untuk belajar, dalam penelitian ini telah menunjukan efektivitas terhadap siswa untuk dapat belajar dengan nyaman, senang dan tenang karena materi yang disampaikan dikemas dengan sekreaktif mungkin oleh guru sehingga siswa dapat memahami materi dengan mudah. Selain itu juga terdapat beberapa manfaat dari penggunaan media pembelajaran Google Sites, di antaranya: 1) pembelajaran yang fleksibel, 2) pembelajaran yang menciptakan kemandirian siswa, 3) meningkatkan pengetahuan teknologi, 4) memperluas materi pembelajaran, 5) menghemat biaya, 6) meminimalisir kejenuhan kegiatan belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.