Cerpen “Corat-Coret di Toilet†Karya Eka kurniawan Sebagai Alternatif Bahan Literasi
Sari
Cerpen merupakan jenis karya sastra yang memaparkan kisah ataupun cerita tentang kehidupan manusia lewat tulisan pendek. Dalam upaya membiasakan siswa membaca dan melestarikan budaya literasi, cerpen yang menarik, mengedukasi, dan bahasanya mudah dipahami siswa perlu dikenalkan oleh guru. Sehubungan dengan itu, cerpen “Corat-coret di Toilet†karya Eka Kurniawan bisa dijadikan bahan alternatif literasi pada siswa jenjang SMA karena memuat tiga poin penting yakni menarik, mengedukasi, dan bahasanya mudah dipahami.
Kata Kunci : Cerpen, Corat-coret di toilet, literasi sejarah
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aminudin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Gould, Toni S., 1991. Get Ready to Read: a Practical Guide for Teaching Young Children at Home and in School, New York : Walker Company.
Harras, Kholid A. 2011. “Mengembangkan Potensi Anak melalui Program Literasi Keluargaâ€, Jurnal ArtikulatiVol. 10 No. 1.
Kimbley, Gregory A. 1975. “Habitâ€. Encyclopedia Americana.
Kosasih, Endang. 2002. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Yrama Widya:
Bandung.
Rani, Supratman Abdul dan Endang Sugriati. 1996. Ikhtisar Sastra Indonesia. Pustaka Setia: Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v4i1.403
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis
Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490