Analisis Stilistika Pantun Upacara Adat Perkawinan Melayu Sambas Serta Relevansinya Sebagai Apresiasi Sastra Di SMA

Indriyana Uli, Lizawati Lizawati, Netti Yuniarti

Sari


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya bahasa serta relevansi pantun upacara adat perkawinan Melayu Sambas dalam pembelajaran apresiasi sastra di tingkat SMA. Metode penelitian ini berupa studi dokumenter dengan bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan stilistika yang memaparkan gaya bahasa dalam pantun upacara adat perkawinan Melayu Sambas memiliki variasi bahasa terlihat dari segi dialeknya. Penggunaan majas dalam pantun juga memberikan nilai estetika dalam rima irama yang akan menghasilkan bunyi yang indah. Gaya bahasa pantun upacara adat perkawinan Melayu Sambas menggungkapkan gambaran kehidupan atau kebiasaan sehari-hari masyarakat Sambas. Adapun gaya bahasanya berupa majas perbandingan, majas pertentangan, majas perulangan, dan majas pertautan. Sedangkan dalam pembelajaran pantun yang terdapat pada kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum 2013 pada kelas XI semester ganjil SMA. Pantun upacara adat perkawinan Melayu Sambas meningkatkan minat menulis pantun siswa. Siswa lebih aktif menulis teks pantun dengan bahasa dan kebiasaan yang terdapat di daerahnya sendiri.

Kata kunci: stilistika, gaya bahasa, relevansi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amir, A. (2013). Sastra Lisan Indonesia. Yogyakarta: Cv Andi Offset.

Emzir & Rahman, S. (2016). Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali.

Rokmansyah, A. (2013). Studi dan Pengkajian Sastra Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Semarang: Graha Ilmu.

Teeuw. (2010). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Dunia Pusat Jaya.

Uli, Indriyana., Dkk. 2016. Analisis Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu Daerah Pontianak dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Puisi Di Sma. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(1), 100-105.

Wiguna, Zikri., Dkk. 2017. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Pantun Melayu Sambas. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(1), 114-129.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v7i2.3600

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>