Kecerdasan Moral Tokoh Transgender dalam Novel Calaibai Karya Pepi Al-Bayqunie

Krisna Aji Kusuma, Herman J Waluyo

Sari


 

Novel sebagai karya fiksi prosa sarat dengan nilai-nilai moral yang dapat diteladankan. Nilai-nilai moral dalam novel dapat dijadikan sebagai media bahan ajar di lingkup pendidikan formal untuk membangun karakter peserta didik melalui karya sastra. Novel Calabai karya Pepi Al-Bayqunie menghadirkan tokoh utama bernama Saidi yang merepresentasikan kecerdasan moral. Keunikan novel tersebut terletak pada karakter Saidi yang merupakan calabai (transgender), namun mampu memberikan teladan yang baik bagi masyarakat dan generasi muda khususnya. Bukan teladan atas tabiatnya namun teladan atas sikap dan tindakan moralnya sebagai makhluk sosial. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan moral tokoh transgender dalam novel Calabai karya Pepi Al-Bayqunie. Pendekatan analisis konten digunakan untuk menganalisis dan memaknai data yang terkumpul dari novel Calabai terkait kecerdasan moral. Hasil analisis menunjukkan bahwa novel Calabai karya Pepi Al-Bayqunie mengandung kecerdasan moral yang direpresentasikan oleh tokoh utama bernama Saidi. Komponen kecerdasan moral yang ditemukan dalam bentuk empati, hati nurani, kontrol diri, rasa hormat, kebaikan hati, toleransi, dan keadilan.

 

Kata kunci: kecerdasan moral, novel calabai, transgender


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abrams, M. H. (2009). A Glossary of Literary Terms: Cetakan kedua. Canada: Wadsworth Cengage Learning.

Al-Bayqunie, Pepi. (2016). Calabai: Perempuan dalam Tubuh Lelaki. Tangerang: Javaniva.

Hendrawanto, Yusuf. (2017). Pemilihan Novel indonesia Bermuatan Nilai kearifan Lokal Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Cerita Fiksi. Jurnal Deiksis Vol. 4 (1), 46-53.

Isnaini, Heri. (2017). Analisis Semiotika Sajak “Tuan†Karya Sapardi Djokodamono. Jurnal Deiksis Vol. 4 (2), 1-7.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Buku Pembangunan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Lickona, Thomas. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi: Cetakan kesepuluh. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Purwaningtyas, Ratna; Waluyo, Herman J; Tarjana, Sri Samiati; Winarti, Retno. (2014). Nilai Pendidikan dan Kesetaraan Gender dalam Novel. Surakarta: UPT. Penerbitan dan Percetakan UNS.

Salfia, Nining. (2015). Nilai Moral dalam Novel 5 cm Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Humanika Vol. 15 (3).

Setiawan, Deny. (2013). Peran Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter Vol. 3 (1), 53-63.

Wahyuni, Sri. (2017). Aspek Moral dalam Novel Petruk Dadi Ratu Karya Suwardi Endraswara: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar di SD. Jurnal Stilistika Vol. 3 (1), 97-116.

Waluyo, Herman J. (2011). Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: UNS Press.

Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra: Internalisasi Nilai-nilai Karakter Melalui Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

https://penasoekarno.wordpress.com/2009/11/07/kata-mutiara-bung-karno/diakses Rabu, 16 Mei 2018 pk. 20:23.

https://id.wikipedia.org/wiki/Moral, diakses Kamis, 17 Mei 2018 pk. 12:02.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v5i2.1203

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>