PENGEMBANGAN PENILAIAN KOGNITIF BERORIENTASI HOTS DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK

Adnannudin Adnannudin, Suherli Kusmana, Dede Endang Mascita

Sari


Penelitian Ini bertujuan untuk memvalidasi soal-soal yang sudah ada, sebagai ciri-ciri proses pengembangan penilaian kognitif berorientasi pada soal HOTS dan pemanfaatannya dalam pembelajaran bahasa indonesia di SMK. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian (R&D). Ini adalah proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk. berdasarkan analisis validasi dari kasus-kasus tertentu. Sampel data sebanyak 407 soal sebagai sumber dipilih secara kriteria dan proporsional (proportional random sampling kriteria). Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berikut hasil data soal mata pelajaran Bahasa Indonesia dari 9 SMK Kabupaten Subang, penulis akan menghitung rerata soal tersebut. (1) Dengan rerata jumlah soal 52, (2) rerata jumlah soal LOTS 24, (3) mempunyai presentasi rerata soal LOTS 45%, (4) jumlah soal HOTS rerata 27 dan (5) presentasi rerata HOTS 53%. dengan respon siswa dan guru sangat baik.


Kata Kunci


ciri soal kognitif, soal HOTS, respon guru dan siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amirono (2017) Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Gava Media.

Darmadi H. (2011) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Alfabeta, CV

Hamdani. (2011) Strategi Belajar Mengaja. Bandung: Pustaka Setia

Fitria, E., Nasution, R., Fajarianto, O., & Ainal Wardah, N. (2019, July 24). Increasing Ability Reading by Flash Card Method in Children Age 5-6 Years in Kindergarten Kasih Ibu Kec. Periuk Kota Tangerang. https://doi.org/10.2991/iclick-18.2019.79

Hamdani (2012) Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Mandiri.

John W. Creswell (Copyright 2016) Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Copyright 2016.

Kunandar. (2013) Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Kemp. Jerrold E. (1994) Proses Perancangan Pengajaran. Terjemahan Asril Marjohan. Bandung. Penerbit ITB

Muri Yusuf. A. (2017) Asesment dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta Prenada media.

Malawi. I & Sri Murti. E (2016) Evaluasi Pendidikan. Solo CV. AE. Media Grafika.

Nurgiyantoro, B (2001) Penilaian dalam Pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta, BPFE

Purwnto. (2009) Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Roekan & Martutik (1991) Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia. YA3

Reka Joni T. (1984) Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yayasan Pusat Pengkajian latihan dan Pengembangan Masyarakat.

Sudjana, Nana. (Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar) Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Wirawan. (2011) Evaluasi. Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta. Rajawali Pers.

Yusuf, Muri. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Zaini, Hisyam dkk (2007) Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CT.

Jaja, 1 Suherli Kusmana,2 Nair Asman,3 Dharliana Hardjowikato4 dan Lili Amalia5

technology Used of Fabel Text Teacing Materials and The Use in Scondary Scools

Kusmana, Suherli (2007) Pengemangan Literasi di Pendidikan Dasar dan Menengah jurnal Diglosia Unma. Vol 1/26 Maret 2017.

Kusmana, Suherli, Jaja Wilsa; and Sumiati (2019) Developing Biography Text Teacing Materials Based On Author Ekperience. Advances In Social Science, Eduation And Humanites Research, Volume 301. Maret 2019. DOI: https://doi.org/10.2991/ila-18.2019.110

Kusmana, Suherli and Jaja (2019) Study Of Legends and Folklores as Efferts to Develop Intructional Materials in High School. Advancs in Social Science, Education. and Humanities Research. International Symposium on Social Sciences, Education And Humanites. Volume: 306. Maret 2019. DOI: https://doi.org/10.2991/isseh-18.2019.54

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012) Metode Penelitan Pendidkan: Penelitan Memberikan Deskripsi, Eksplanasi, Prediksi, Inovasi dan Juga Dasar-Dasar Teoritis Bagi Pengembangan Pendidkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rostini, D., Wijanarko, D. S., Fajarianto, O., Ratnawati, E., Siswoyo, M., & Harsono, Y. (2019). Innovation education character based on management learning at junior high school. International Journal of Recent Technology and Engineering.

Wahidah, N. I., Mahmudi, M., Fajarianto, O., Fajaryanti, D., & Hanafi, H. (2019). Cooperation between Teacher Guidance and Counseling with Islamic Religious Education Teacher to Provide Service Guidance Counseling. https://doi.org/10.2991/isseh-18.2019.26




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v9i1.3635

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##