KAJIAN STRUKTURAL DAN NILAI MORAL DALAM ANTOLOGI 20 CERPEN PILIHAN KOMPAS SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR CERITA PENDEK DI SMA

Suherli Kusmana, Yatimah Yatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian unsur pembangun dan nilai moral cerita pendek yang terkandung dalam antologi 20 tahun cerpen pilihan kompas untuk kepentingan pemanfaatan bahan ajar pembelajaran cerita pendek di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif untuk data kajian unsur pembangun cerpen dan nilai moral. Implementasi bahan ajar cerita pendek dalam pembelajaran cerpen dinyatakan dalam uji-t sebagai berikut, jika thitung> dari ttabel maka perolehan kemampuan siswa dalam menulis cerpen dapat dipercaya sebagai hasil pembelajaran yang menggunakan antologi 20 tahun cerpen pilihan kompas, bahan ajar tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar cerpen terbukti dengan adanya perubahan.

Keywords


Kajian Struktural, Nilai Moral, Bahan Ajar Cerita Pendek

References


Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral, Berpihak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2013. Menyusun Bahan Ajar Modul untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 SISDIKNAS. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Penulisan Modul. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Endaswara, S. (2005). Metode dan Teori Peengajaran Sastra: Berwawasan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Buana Pustaka.

Endaswara, S. (2008). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: FBS Uiversitas Negeri Yogyakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengantar Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Cetakan keempat.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Cetakan kedelapan.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rosidi, Ajip. 1995. Sastra dan Budaya Kedaerahan dalam Keindonesiaan. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teknik Penelitian Sastra dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumardjo, Jakob dan Saini, K. M. 1989. Apresiasi Kesusasteraan. Jakarta: Gramedia.

Teeuw, A. 2015. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Tumanggor, R, Kholis R, dan Nurochim. (2012). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyadi. 2013. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Wellek, R. Dan Austin, W. (1995). Theory of Literature. New York: Harcount, Brace & World, Inc. (Terjemahan dalam Bahasa Indonesia oleh Melani Budinata). Jakarta: Gramedia.

Ya’kub. 2001. Etika Islam, Pendidikan Akhlak Karimah (Suatu Pengantar). Bandung: Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v7i1.1700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Tuturan
execute(); ?>