Pengaruh kemenarikan desain website dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee

Graciela Ervina Wijaya, Chandra Kuswoyo

Abstract


Abstract: The online platform has succeeded to supporting marketing activities and supporting the creation of various online platforms in Indonesia, such as Shopee, Tokopedia, Bukalapak and others. The current research object used is the Shopee website visitor on the www.shopee.co.id page. The purpose of this research is to determine whether the attractiveness of the  website design and consumer trust affect purchasing decisions at Shopee. The method used in this research is explanatory research and data processing techniques using multiple linear regression. The sampling technique used was purposive sampling. The population is Shopee website users and the sample is Shopee website users who domiciled in the city of Bandung. Data was collected by distributing surveys in the form of questionnaires. The  results of this study shows that is influence of website design attractiveness and consumer trust on purchasing decisions at Shopee.

 

Keywords: Consumer Trust; Purchase Decision. Website Design Attractiveness.

 

Abstrak: Platform  online  berhasil menjadi penunjang aktivitas pemasaran dan mendukung terciptanya berbagai platform online di Indonesia, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya. Objek penelitian saat ini yang digunakan  adalah pengunjung website Shopee pada laman www.shopee.co.id. Tujuan di dalam studi yang dilakukan guna mendapatkan informasi apakah kemenarikan desain website dan  kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Shopee. Metode yang dipakai dalam penelitian ini explanatory research dan teknik pengolahan data menggunakan regresi linear  berganda. Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Populasinya adalah pengguna website Shopee dan sampelnya adalah pengguna website Shopee yang berdomisili di kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan survey dalam bentuk kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kemenarikan desain website  dan kepercayaan konsumen terhadap  keputusan pembelian di  Shopee.

 

Kata Kunci: kemenarikan desain website; kepercayaan konsumen; keputusan pembelian.


Keywords


kepercayaan konsumen; kemenarikan desain website; keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Ainurrofiq. (2007). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce . Tesis Universitas Brawijaya.

Andri, M. (2010). Strategi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Andy, N. (2019). Pengertian E-Commerce dan Perkembangannya di Indonesia. Retrieved from Qwords: https://qwords.com/blog/pengertian-e-commerce/

Azhari, S.A.,Warneri, & Okianna (2021). Pengaruh Kpercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Shopee. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10 (6), 1-8. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i6.47273

Belch, G., & Belch, M. (2009). Advertising And Promotion: An Integrated Marketing Communicatioms Perspective. New York: McGraw-Hill.

Choi, B., Jeong, S.C., & Choi, B.P. (2014). The Effect of Website Quality and Image on Customer Satisfaction and Intention to Use C2C Websites: An Empirical Study. Journal of Management System.

Demus, S.G. (2020). Pengaruh Kemenarikan Desain Web, Reputasi Vendor dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi TOKOPEDIA Di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Skripsi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Dwipuspita, S., Mulyana, S., & Elita, F. (2012). Pengaruh Penggunaan Website terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi Universitas Padjadjaran, Bandung.

Fachmi, M.I., & Astuti, S.R.T. (2016). Analisis Kemenarikan Desain Website, Reputasi Vendor, dan Persepsi Kemudahan Transaksi Online Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online Dengan Persepsi Nilai Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 5 (3), 1-17.

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/14658

Ghozali, I. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J., F. et al. (2006). Multivariate Data Analysis, Sixth Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Humas, P. S. (2020, juni). Pengertian Komunikasi. Retrieved from Komunikasi UIN Bandung: https://komunikasi.uinsgd.ac.id/pengertian-komunikasi/

iPrice. (2020, Oktober). Peta E commerce di Indonesia. Retrieved from iPrice insight: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Jayanti, R.D. (2015). Pengaruh Harga dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Harapan Maulina Hijab Jombang). Jurnal EKSIS, 10 (1), 13–27.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Karmila, A. (2020). Pengaruh Harga dan Kepercayaan Konsumen. (Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri Bandung). Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN-Indonesia Mandiri, Bandung.

Kertajaya, H. (2002). Hermawan Kartajaya on Marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, & Amstrong. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Keller, L. .. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip, & Kartajaya, H. ,. (2019). Bergerakdari Tradisionalke Digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, R. A. (2018). Dasar-dasar Marketing. Yogyakarta: QUADRANT.

Makmur, R. (2018). Manajemen E-Commerce. Bandung: INFORMATIKA.

Norhermaya, Y., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang . Diponegoro Journal Of Management, 5(3), 1-3. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/14952

Nuraini, D., & Evianah. (2019). Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Baju Secara Online dan Offline. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi. https://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v15i2.629ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/14952

Putri, I. G., Darwini, S., & Dakwah, M. M. (2019). Pengaruh Trust dan Easy Of Use Terhadap Minat Beli Ulang Pada Market Place Shopee Di Kota Mataram. Jurnal Riset Manajemen. https://doi.org/10.29303/jrm.v19i1.35

Rahmawati, S. A., & Widiyanto, I. (2013). Antecedent Keputusan Pembelian Online . Diponegoro Journal of Management, 2(3), 1-11. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/3235

Saiful. (2019). Pengaruh Desain Website dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lazada Dengan Presepsi Kualitas Produk Sebagai Variabel Interventing. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar. ………………. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/15360

Sarjono, H. &. (2011). Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Schiffman, & Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Index.

• Shim, J., Shin, Y., & Nottingham, L. (2002). Retailer Web Site Influence on Customer Shopping:An Exploratory Study on Key Factors of Customer Satisfaction. Journal of the Association for Information Systems, 3,53-76. https://doi.org/10.17705/1jais.00023

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarif, A., & Wijayanto, H. (2017). Analisis Pengaruh Kemenarikan Desain Website, Kepercayaan dan Profesionalisme Terhadap Keputusan Pembelian Online Jasa. Ikrait-Informatika, 1 (2).

Widiyanto, I., & Prasilowati, S. (2015). Perilaku Pembelian Melalui Internet. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(2), 109-112. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.109-122

Widyanita, F. A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce SHOPEE. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1), 11-18. https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JAB/article/view/382




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jibm.v6i1.6468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen is published by Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Sharealike 4.0.

View My Stats
execute(); ?>