Pengaruh e-logistics dan e-service quality terhadap kepuasan pelanggan e-commerce dagangan mall

Totong Budiman

Abstract


Abstract: The purpose of this research was to examine the effect of e-logistics, e-service quality on customer satisfaction in e-commerce Dagangan Mall.  The method used is a quantitative research method.  The population is Dagangan Mall customers in the Greater Bandung area.  The sampling technique used was purposive sampling.  Data collection techniques using questionnaires and data analysis used is multiple regression analysis.  The results of the study show that there is a positive and significant effect of e-logistics, e-service quality on customer satisfaction.

 

Keywords: customer satisfaction; e-commerce; e-logistics; e-service quality.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh dari e-logistics, e-service quality terhadap kepuasan pelanggan pada e-commerce Dagangan Mall. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif.  Populasi pada penelitian ini adalah para pelanggan Dagangan Mall yang berada di wilayah Bandung Raya. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.  Teknik penarikan data menggunakan kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh  e-logistics, e-service quality yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

 

Kata kunci: e-commerce; e-logistics; e-service quality; kepuasan pelanggan.


Keywords


e-logistics, customer satisfaction, e-service quality, e-commerce

Full Text:

PDF

References


Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi 5). Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Universitas Diponegoro.

Gunasekaran, A., Ngai, E. W. T., & Cheng, T. C. E. (2007). Developing an e-logistics system: a case study. International Journal of Logistics Research and Applications, 10(4), 333–349.

Hati, S. W., & Juliati, A. (2019). Analisis pengaruh logistics service quality terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada perusahan logistik jalur nugraha ekakurir (Jne). Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 7(2), 240–249.

Hidranto, F. (2021). “Bisnis E-Commerce Semakin Gurih.†Indonesia.Go.Id. https://indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/2534/bisnis-e-commerce-semakin-gurih.

Japarianto, E. (2018). Pengaruh Logistics Service Terhadap Customer Retention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Ekspedisi Laut Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 25–32.

Khairusy, M. A., Hurriyati, R., Dirgantari, P. D., & ... (2021). The Correlation of Value Chain, Service Quality, and Web Quality on Consumer Satisfaction. Jurnal Ad’ …, 8(2), 347–358.

Larici, Y. P., & Abdul, F. W. (2019). Ketepatan Pengaruh Manajemen Logistik Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan PT. Bhinneka Bajanas Cabang Cikarang. Jurnal Logistik Indonesia, 3(2), 101–110.

Maghfur, M., Hurriyati, R., & Adieb Sultan, M. (2021). How To Improve Online Shop Customer Satisfaction Through Service Quality. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(5), 856–871.

Megaswara, A., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2020). Pengaruh E-Logistics Terhadap Kepuasan. Jurnal Riset Bisnis, 3(April), 106–111.

Micu, A., Aivaz, K., & Capatina, A. (2013). Implications Of Logistic Service Quality On The Satisfaction Level And Retention Rate Of An E-Commerce Retailer’s Customers. ECECSR Journal, ecocyb.ase.ro, 47(2), 147–156.

Quirk, A., Forder J, & D, B. (2003). No TitleElectronic Commerce and the Law, 2nd edition. John Wiley & Sons Ltd.

Rahayu, E. (2018). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Customer Satisfaction dan E-Customer Loyalty pada Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Pengguna Toko Online Shopee). Skripsi, Repository UIN Syarif Hidayatullah. repository.uinjkt.ac.id

Rinjani, D. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengguna PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Medan-Tanjung Balai). 129.

Sabila, A. N. (2021). Analisi Pengaruh E – Service Quality, E – Logistic, Dan E-Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Konsumen Marketplace Shopee. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akutansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNP Kediri. proceeding.unpkediri.ac.id.

Santos, J. (2003). E-service quality: a model of virtual service quality dimensions. Managing Service Quality, 13, 233–246.

Sarwono, J. (2015). Membuat Skripsi,Tesis,dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). ANDI.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Graha Ilmu.

Suryabrata, S. (2004). Metodoloi Penelitian. Pustaka Pelajar.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. ANDI.

Tribunnews.com. (2021). “Pemuda Banyuwangi Ciptakan Aplikasi ‘Dagangan’, Bantu Akses Masyarakat Desa Dapatkan Sembakoâ€. https://m.tribunnews.com/bisnis/2021/09/12/pemuda-banyuwangi-ciptakan-aplikasi-dagangan-bantu-akses-masyarakat-desa-dapatkan-sembako.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Malhotra, A. (2002). Service quality delivery through web sites: A critical review of extant knowledge. Journal of the Academy of Marketing Science, 30(4), 362–375.

Zhafira, A. N. (2021). Pertumbuhan e-commerce Indonesia Buka Peluang Sektor Logistik. Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/2255218/pertumbuhan-e-commerce-indonesia-buka-peluang-sektor-logistik




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jibm.v6i2.6397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen is published by Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Sharealike 4.0.

View My Stats
execute(); ?>