PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI PADA ATLET POLO AIR JAWA BARAT DALAM KEBUTUHAN INFORMASI KESEHATAN MENTAL

Shahnaz Az Zahra, Yunus Winoto, Ute Lies Siti Khadijah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media komunikasi yang dilakukan oleh atlet polo air dalam pencarian informasi mengenai kesehatan mental. Atlet membutuhkan kesehatan fisik yang kuat, dan kesehatan mental yang prima sehingga kesehatan mental sangat penting bagi masyrakat terutama seorang atlet. Media komunikasi sebagai media penyalur untuk menyebarluaskan informasi mengenai kesehatan mental yakni melalui media sosial seperti melakukan webinar, podcast, dan konten lainnya. Kajian penelitian yang telah dilakukan pada artikel ini adalah penggunaan media komunikasi Atlet Polo Air dalam pencarian informasi kesehatan mental. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media komunikasi apa saja yang digunakan atlet untuk memperoleh informasi mengenai kesehatan mental dan informasi apa saja yang dibutuhkan oleh atlet Polo Air mengenai informasi kesehatan mental. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang mendalam; pengamatan; dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atlet polo air yang menjadi informan menggunakan literature ebook, jurnal online, youtube, tiktok, instagram, dan psikolog juga pelatih dalam memenuhi kebutuhan informasi mengenai kesehatan mental.

 

Kata Kunci: Media Kominikasi, Media sosial, Informasi, Atlet , Kesehatan Mental


Full Text:

PDF

References


Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan . JURNAL LONTAR , 6.

Ditha Prasanti, I. F. (2018). Pemanfaatan Media Komunikasi Dalam Penyebaran Informasi Kesehatan Kepada Masyarakat. JURNAL REFORMASI , 8 (1).

Sarah Bryna Grace, A. M. (2020). Komunikasi Efektif dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental . Journal Komunikasi UNTAR , 12 (2).

DEWI, K. S. Kesehatan Mental . Semarang: UPT UNDIP Press Semarang .

Rahayuni, K. (2021). Kesehatan Mental Atlet Indonesia saat Pandemi COVID-19: Tantangan, Rekomendasi dan Peluang Riset. urnal Sains Keolahragaan dan Kesehatan Institut Teknologi Bandung , 5 (2).

Dira Ayu Hidayati , I. (2017). LITERASI INFORMASI MAHASISWA ATLET FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Jurnal Ilmu Perpustakaan UNDIP , 6 (2).

Ope Destrian, U. S. (2018). Perilaku Pencarian Informasi Pertanian melalui Media Online pada Kelompok Petani Jahe. Journal Kajian Komunikasi , 6 (1).

Suharto, A. (2014). KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PEMUSTAKA DALAM MENGAKSES INFORMASI: STUDI KASUS DI DIREKTORAT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA . Jurnal Perpustakaan UNILIB , 5 (1).

Kurniasih, E. (2019). MEDIA DIGITAL PADA ANAK USIA DINI . Journal UNNES , 9 (2).

Siafirah, N. A., P. (2016). Penggunaan Media Komunikasi Dalam Eksistensi Budaya Lokal Bagi Komunitas Tanah Aksara. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi , 6.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v10i2.7764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>