HUBUNGAN INTESITAS PENGGUNAAN LAYANAN PESAN ANTAR TERHADAP KEJADIAN GIZI LEBIH PADA MAHASISWA KEDOKTERAN

Muhammad Duddy Satrianugraha

Abstract


Layanan pesan antar makanan menyebakan perubahan gaya hidup, pola makan dan aktifitas fisik. Mahasiswa biasanya lebih memilih menggunakan layanan pesan antar dibandingkan dengan memasak sendiri, karena lebih praktis dan tidak mengganggu waktu belajar. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan layanan pesan antar terhadap kejadian berat badan berlebih pada mahasiswa kedokteran. Studi ini akan dilakukan secara deskriptif analitik menggunakan responden 98 mahasiswa fakultas kedokteran UGJ angkatan 2019 yang dipilih secara random, responden akan diberikan kuesioner online mengenai intensitas penggunaan layana pesan antar makanan dan proporsi tubuh, setelah sebelumnya memberikan informed konsen secara verbal. Data akan di uji korelasi dengan menggunaan softwere statistik. Hasil studi menunjukan adanya korelasi positif yang signifikan antara intensitas penggunaan layanan pesan antar dengan kejadian berat badan berlebih pada mahasiswa. Peningkatan intensitas penggunaan layanan pesan antar akan menyebabkan peningkatan kejadian gizi lebih pada mahasiswa.

Kata Kunci: Layanan Pesan Antar, Gizi Lebih, Mahasiswa Fakultas Kedokteran


References


Erpurini W, Rahmani HF, Hikmawati E, et al. PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL DAMPAK PANDEMI COVID 19 Dari Sudut Pandang Teknologi Informasi. Media Sains Indonesia; 2021.

Wijoyo H. Strategi Pemasaran UMKM Di Masa Pandemi. Insan Cendekia Mandiri; 2021.

Sudargo T, Freitag H, Kusmayanti NA, Rosiyani F, Press UGM, Press GMU. Pola Makan Dan Obesitas. UGM PRESS; 2018.

Keeble M, Adams J, Vanderlee L, Hammond D, Burgoine T. Associations between online food outlet access and online food delivery service use amongst adults in the UK: a cross-sectional analysis of linked data. BMC Public Health. 2021;21(1):1968. doi:10.1186/s12889-021-11953-9

Belarmino A, Raab C, Tang J, Han W. Exploring the motivations to use online meal delivery platforms: Before and during quarantine. Int J Hosp Manag. 2021;96:102983. doi:https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2021.102983

Li L, Wang D. Do neighborhood food environments matter for eating through online-to-offline food delivery services? Applied Geography. 2022;138:102620. doi:https://doi.org/10.1016/j.apgeog.2021.102620

Dominici A, Boncinelli F, Gerini F, Marone E. Determinants of online food purchasing: The impact of socio-demographic and situational factors. Journal of Retailing and Consumer Services. 2021;60:102473. doi:https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102473

Zanetta LD, Hakim MP, Gastaldi GB, et al. The use of food delivery apps during the COVID-19 pandemic in Brazil: The role of solidarity, perceived risk, and regional aspects. Food Research International. 2021;149:110671. doi:https://doi.org/10.1016/j.foodres.2021.110671

Hong C, Choi H (Hailey), Choi EK (Cindy), Joung HW (David). Factors affecting customer intention to use online food delivery services before and during the COVID-19 pandemic. Journal of Hospitality and Tourism Management. 2021;48:509-518. doi:https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2021.08.012

Keeble M, Adams J, Bishop TRP, Burgoine T. Socioeconomic inequalities in food outlet access through an online food delivery service in England: A cross-sectional descriptive analysis. Applied Geography. 2021;133:102498. doi:https://doi.org/10.1016/j.apgeog.2021.102498

Aiyun X, Yang S, Iqbal Q. Factors Affecting Purchase Intentions in Generation Y: An Empirical Evidence from Fast Food Industry in Malaysia. Adm Sci Q. 2018;9:4. doi:10.3390/admsci9010004




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v10i2.7714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>