STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM DUTA WISATA BUJANG JO GADIH BUKITTINGGI SEBAGAI UPAYA PROMOSI PARIWISATA

Mhd Rival, Agus Rahmat, Yanti Setianti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi keberhasilan Kota Bukittinggi menjadi salah satu Nasional Geopark yang ditetapkan oleh UNESCO. Ini menjadikan Kota Bukittinggi sebagai wisata unggulan di Indonesia. Hal tersebut atas usaha Dinas Pariwisata bersama Duta Wisata Bujang jo Gadih Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi oleh Dinas Pariwisata Bukittinggi bersama Duta Wisata Bujang jo Gadih dalam usaha mempromosikan Pariwisata menggunakan paradigma post positivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Konsep yang digunakan adalah konsep strategi komunikasi dari Middleton, serta teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi  dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan Dinas Pariwisata bersama Duta Wisata Bujang jo Gadih Bukittinggi sudah memaksimalkan strategi komunikasi dengan memaksimalkan konsep dari Middleton dengan menentukan komunikator yang kompeten, menyusun pesan yang bersifat persuasif, pemanfaatan media sosial instagram untuk berinteraksi, dan menetapkan sasaran dengan menyesuaikan dengan program yang dilakukan, serta menganalisis efek atau feedback yang diperoleh.

Kata kunci: strategi komunikasi, promosi, promosi pariwisata


References


Bungin, B. (2015). Analisis Data Penelitian Kuantitatif (P. R. G. Persada, Ed.). PT.Raja Grafindo Persada.

Cangara, H. (2013). Perencanaan Strategi Komunikasi. Raja Grafindo.

Hay, N. A., Chien, P. M., & Ruhanen, L. (2022). Tell me your story: Branding destinations through residents’ (place) stories. Journal of Vacation Marketing, 28(3), 319–334. https://doi.org/10.1177/13567667211060567

Kinapti, T. T. (2021). Ngarai Sianok, Lembah Cantik di Sudut Kota Bukittinggi. Merdeka.Com.

Muthalib, A. (n.d.). 35 Tempat Wisata di Bukittinggi Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi. Https://Www.Itrip.Id/.

Prastiani, N., & Pratiwi, R. Z. (2020). Promosi dan pemasaran pariwisata objek wisata Tirta Sinongko dalam upaya menarik wisatawan. PRofesi Humas , 5(1), 38. https://doi.org/10.24198/prh.v5i1.21311

Romli, R., & Romli, N. A. (2020). Implementasi strategi komunikasi “Bandung Juara†sebagai bagian dari city branding Kota Bandung. PRofesi Humas , 4(2), 263. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23547

Satibi, I. (2011). Teknik Penulisan Skripsi, Tesis & Disertasi. Caplas.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Yoeti, O. (2005). Perencanaan Strategis Pemasaran : Daerah Tujuan Wisata. Pradnya Paramita.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v10i2.7595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>