KOMUNIKASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Dian Andriany

Abstract


Komunikasi baru digital dan juga Industri 4.0 telah mengubah cara praktisi Public Relations dalam melakukan pekerjaan mereka, bagaimana berhubungan dan dan berkomunikasi dengan publik. Komunikasi baru digital dan industri 4.0 menjadi tantangan bagi praktisi untuk meningkatkan kemampuan teknis dan manajerial sebagai profesional. Istilah Industri 4.0 lahir dari ide tentang revolusi industri keempat. Keberadaannya menawarkan banyak potensi manfaat. Guna mewujudkan Industri 4.0, diperlukan keterlibatan akademisi dalam bentuk riset. Artikel ini bertujuan untuk menelaah aspek dan arah perkembangan riset terkait Industri 4.0. Pendekatan yang digunakan adalah studi terhadap beragam definisi dan model kerangka Industri 4.0 serta pemetaan dan analisis terhadap sejumlah publikasi. Beberapa publikasi bertema Industri 4.0 dipilah menurut metode penelitian, aspek kajian dan bidang industri.

Kata kunci: Komunikasi digital, Industry 4.0, Hubungan masyarakat


References


Kagermann, H., Lukas, W.D., & Wahlster, W. (2013). Final report: Recommendations for implementing the strategic initiative INDUSTRIE 4.0. Industrie 4.0 Working Group.

Qin, J., Liu, Y., & Grosvenor, R. (2016). A Categorical Framework of Manufacturing for Industry 4.0 and Beyond. Procedia CIRP, Vol. 52, pp. 173-178

Satya, Venti Eka. (2018). Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Jakarta.

Zhou, K., Taigang L., & Lifeng, Z. (2015). Industry 4.0: Towards future industrial opportunities and challenges. In Fuzzy Systems and Knowledge Discovery (FSKD), IEEE 12th International Conference, pp. 2147-2152.

“What is Corporate Social Responsibilityâ€, The University of Edinburg, 3 Juli 2017, (www.ed.ac.uk).

Deloitte Insights, 2018, The Fourth Industrial Revolution is here, Are you ready?, Deloitte Development LLC, member of Deloitte Touche Tohmatsu Limited.

Inah & Trihapsari, (2016), “Pola Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Tsnawiyah Tridana Mulya Kecamatan Landono Kabupaten Konawe Selatanâ€, Jurnal Al- Ta’dib, Volume: 9, No. 2, Hal: 156-179.

Johannes. Brandner, 2012, “Credibility of Corporate Social Responsibility Initiative and The Inference on The Corporate Imageâ€, Universitat of BondenKultur.

MinHwa. Lee, et.al., (2018), “How to Respond to The Fourth Industrial Revolution, or The Second Information Technology Information?, Dynamic New Combinations Between Technology, Market, and Society Through Open Innovationâ€, Jurnal Open Innovation: Technology, Market and Complexity, MDPI, doi: 10.3390/joitmc4030021, Hal: 1-24.

Paul R. Smith & Ze Zook, 2011, Marketing Communications Integrating Offline and Online with Social Media 5th Ed., UK: Kogan Page Limited.

Pramdia. Arhando. Julianto, 2017, "Matahari Tutup Gerai Lagi, Apa Penyebab Ritel Modern Berguguran?", (www.Kompas.com)

Yuniarti. Wahyuningrum, et.al, (2014), “Pengaruh Program Corporate Social Responsibility Terhadap Penigkatan Pemberdayaan Masyarakat (Studi Pada Implementasi Csr Pt. Amerta Indah Otsuka Desa Pacarkeling Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan), Vol.1, No.5, Hal:109-115.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v10i2.7508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>