PERANCANGAN BRAND IDENTITY MUSEUM GEDUNG PERUNDINGAN LINGGARJATI

Elin Herlina, Mochamad Gani Aprilia Pratama, Rika Nugraha

Abstract


Museum gedung perundingan linggarjati merupakan salah satu museum bersejarah yang dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Upaya museum untuk mengembangkan identitas visual sudah baik secara media cetak maupun media visual, namun perkembangan tersebut belum sepenuhnya mendapatkan image atau branding yang tepat, ditambah perkembangan internet dan sosial media yang semakin pesat dapat menjadi hal yang penting untuk mengembangkan brand image ditinjau dalam ranah desain komunikasi visual. Perancangan ini bertujuan untuk membuat identitas visual dan sosial media museum agar masyarakat bisa mengetahui sejarah dan keunikan museum. Untuk menghasilkan sebuah identitas visual yang menarik dan representatif maka dilakukan pengumpulan data secara kualitatif dengan mengumpulkan data tentang museum, mengikuti perkembangan trend visual, melakukan analisa promosi sebelumnya dan observasi. Perancangan identitas visual Museum Gedung Perundingan Linggarjati meliputi logo, tipografi, warna, dan elemen gambar yang diturunkan kedalam media-media yang digunakan.

Kata Kunci: Museum Gedung Perundingan Linggarjati, Identitas Visual, Sosial Media


References


Aaker, D. (2008). Manajemen Ekuitas Merek Alih bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.

Andres Kaplan & Michael HaenLein, 2010. User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media. Business Horizons.

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita

Direktorat Museum. 2008. Pedoman Museum Indonesia. Direktorat Museum, Direktorat Jendral Sejarah dan Purbakala, Departemen Kebudayaandan Pariwisata. Jakarta

Indriyo Gitosudarmo, 2014. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta, BPFE-Yogyakarta

International Council of Museums. (2007). Museum Definition Retrieved from ICOM Statutes: https://icom.museum/en/activities/standards-guidelines/museum-definition/.

Kotler & Keller. (2006). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 jilid 1, Terjemahan (Molan Benyamin). Indonesia: PT. Indeks.

Kotler Philip, W. Pfoertsch. (2008). B2B Brand Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rahmat. 2008. Teknik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Larsen-Freeman, Diane., & Marti Anderson. 2011. “Emerging Uses of Technology in Language Teaching and Learningâ€. Techniques & Principles in Language Teaching. Third Edition. UK: Oxford University Press.

Marzuki. 2002. Metodologi Riset. Yogyakarta: Prasetya Widi Pratama.

McQuail, D. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Narimawati, Umi. 2008. “Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, Teori Dan Aplikasi.†Bandung: Agung Media 9.

Rangkuti, Freddy. 2013. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Russo, A., Watkins, J., Kelly, L., & Chan, S. (2008). Participatory Communication with Social Media. Curator, 21-31.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research dan Development. Bandung: CV. Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2016. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

Sriwitari, Ni Nyoman dan I Gusti Nyoman Widnyana. (2014). Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : GRAHA ILMU

Tiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Strategik. Edisi 1. Yogyakarta: CV Andi Offset

Muliyawan, Dhika (2013). Perancangan Identitas Visual Museum Mpu Tantular. Jurnal Teknik Pomits Vol. 2, No. 1. (2301-9271)

Nugroho, Didit Prasetyo. (2018). Perancangan Corporate Identity Sebagai Media Promosi untuk Museum Panji. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia Vol.2, No. 2. (2597-4300).

Rahmadianto, Sultan Arif. (2020). Peancangan Identiras Visual Museum Wayang Potehi Jombang Sebagai Upaya Konservasi Budaya. Jurnal Narada. Vol 7, No. 3. (2477-5143).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v10i2.7499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>