TRANSFORMASI MEDIA CETAK KE PLATFORM DIGITAL (Analisis Mediamorfosis Harian SOLOPOS)

Indah Suryawati, Sukma Alam

Abstract


Terjadinya peningkatan jumlah pengguna media berita online dalam lima tahun terakhir dibanding dengan pengguna media berita konvensional memaksa media cetak untuk melakukan transformasi ke platform digital. Salah satu media yang telah melakukan transformasi media (mediamorfosis) adalah Harian SOLOPOS yang terbit di Solo, Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui dan mendeskripsikan mediamorfosis Harian SOLOPOS ke platform digital; dan kedua, untuk menemukan dan menjelaskan model perubahan yang terjadi setelah konsep mediamorfosis diimplementasikan oleh Harian SOLOPOS. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivis. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus karena objek penelitian ini fokus pada mediamorfosis di Harian SOLOPOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harian SOLOPOS benar-benar bermigrasi ke dalam pengelolaan secara digital dengan mendirikan SOLOPOS.com. PT Aksara Solopos, penerbit Harian SOLOPOS, mendirikan Solopos Digital Media yang terdiri atas layanan berupa produk-produk penyebar informasi yang menggunakan teknologi digital. Penataan juga menyentuh perubahan struktur organisasi dan manajerial, pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), alur dan pola kerja serta dilakukan konvergensi. Di mana konvergensi media SOLOPOS dilakukan dengan mengintegrasikan SOLOPOS (media cetak), SOLOPOS.com (media online), SOLOPOS FM (radio) dan SOLOPOS TV (TV streaming). Model perubahan yang terjadi, SOLOPOS menerapkan tata kelola single newsroom untuk memaksimalkan pengelolaan Harian SOLOPOS, SOLOPOS.com dan SOLOPOS TV. Bahkan reporter SOLOPOS bukan lagi “menjadi’ reporter koran, melainkan berubah menjadi reporter multiplatform baik online, radio maupun TV. Tata kelola seperti ini berdampak pada pemasukan iklan. Meski SOLOPOS.com terlihat lebih unggul dibanding Harian SOLOPOS maupun SOLOPOS TV terkait pemasukan iklan, namun pola pengelolaan iklan dibuat sedemikian rupa dalam bentuk penawaran paket iklan.

 

Kata kunci: Media cetak, Mediamorfosis, Platform digital


References


Ashari, Muhammad. (2019). Jurnalisme Digital : Dari Pengumpulan Informasi Sampai Penyebaran Pesan. Inter Komunika; Jurnal Ilmu Komunikasi. 4 (1). 1-16. https://journal.interstudi.edu/index.php/InterKomunika

Domingo, David. (2007). Four Dimension of Journalistic Convergence: A Preliminary Approach to Current Trends at Spain, online journalism. utexas.edu.

Dwyer, T. (2010). Media Convergence. UK: McGraw Hill Open University Press.

Fantini, Endah dan Rousdy Safari Tamba. (2020). Mediamorfosis Edukasi Informal Online Melalui Platform Digital Sebagai Peluang Bisnis Baru, Majalah Ilmiah Bijak. 17 (1). 114-127. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/bijak/article/view/831/470.

Fidler, Roger. (1997). Mediamorphosis: Understanding New Media. California: Pine Forge Press.

Fidler, Roger. (2003). Mediamorfosis: Memahami Media Baru. Yogya: Bentang Budaya (kerjasama dengan Yayasan Adikarya Ford Foundation).

Jenkins, Henry. (2006). Convergence Culture; Where Old and New Media Collide. USA: NewYork University Press.

Krotz, F., A. Hepp and S. Moores and C. Winter (Eds). (2008). Connectivity, Networks, and Flows, Conceptualizing Communication. New Jersey: Hampton Press.

Kung, Lucy. (2017). Strategic Management in The Media: Theory to Practice (2ndEdition). UK: Sage.

Marcelina, Youris, Muchtar, Khoiruddin dan Rosyidi, Imron. (2020). Mediamorfosis Radar Bandung. Jurnal Komunikatif. 9 (1). 34-50.

http://journal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/article/view/2254/pdf

Olusola, Akinwale; Seriki Ibrahim, & Gutura Priscilla. (2017). An Era of Journalism Transition in South Africa: Traditional Media versus Online Media, Journal of Social Sciences, 51:1-3, 1-5. https://doi.org/10.1080/09718923.2017.1305580.

Patton, Michael Quinn. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods (Third Edition). London: Sage Publication.

Ramadhoni, Muhamad Afdoli, dkk. (2022). Mediamorphosis in Kompas TV towards New Media.

Jurnal Ilmiah Syiar. 22 (1). 43-55. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/syiar/article/view/6341/pdf

Suskarwati, Sri Ulya. Radiomorfosis: Transformasi Radio dalam Komunikasi dan Bisnis.

Tangerang: Indigo Media.

Sugiyono dan Puji Lestari. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). Bandung: Alfabeta.

Suryawati, Indah dan Irawan (2022). Transformasi Media Cetak ke Platform Digital (Analisis Mediamorfosis Harian FAJAR Makassar ke FAJAR.co.id). Jurnal Communication, Vol 13 (1). https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/comm/article/view/1674

Stoldt. Ryan G. (2016). The Behavioral Effects of The Binge-Watching Mediamorphosis. The Elliott School of Communication and The Faculty of the Graduate School of Wichita State University. file:///C:/Users/USER/Downloads/t16032_Stoldt.pdf

Tim Solopos. (2007). 10 Tahun Solopos: Meningkatkan Dinamika Masyarakat. Solo: PT Aksara Solopos.

Tim Solopos. (2017). 20 Tahun Solopos: Arah Baru Masa Depan Industri Informasi. Solo: PT Aksara Solopos.

Utomo, R.M. Widiatmoko Satrio. (2009). Mal Layout Koran Pada Harian Solopos (Skripsi). https://123dok.com/document/y4worw9q-mal-layout-koran-pada-harian-solopos- tugas-akhir.html




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v10i2.7240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>