PENGARUH CONTENT MARKETING INSTAGRAM TERHADAP BRAND IMAGE DISNEY+HOTSTAR DI MASA PANDEMI COVID-19

Qayyum Deyatari Pangestu, Didiek Tranggono

Abstract


Di masa pandemi COVID-19 ini, pemanfaatan media digital perlu dilakukan untuk memasarkan barang atau jasa pada suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan mobilitas masyarakat yang dibatasi menjadikan pemasaran konvensional kurang efektif dalam menjangkau audiens. Dengan begitu pemasaran melalui media digital seperti content marketing menjadi salah satu kegiatan pemasaran yang tepat untuk dilakukan. Content marketing  merupakan pemasaran yang memfokuskan pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan dan berharga untuk menjangkau target audiens. Salah satu bisnis yang memanfaatkan content marketing adalah layanan hiburan streaming video on-demand Disney+ Hotstar melalui akun Instagram @disneyplushotstarid. Untuk dapat bersaing dengan layanan serupa, Disney+ Hotstar harus mempertimbangkan brand image yang dibangunnya melalui content marketing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari content marketing di Instagram dalam membangun brand image Disney+ Hotstar selama pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Analisis menggunakan analisi regresi linier berganda dengan variabel X merupakan 5 dimensi dari content marketing, yaitu reader cognition (X1), sharing motivation (X2), persuasion (X3), decision making (X4), dan life factors (X5) dan variabel Y adalah brand image. Setelah melakukan analisis tersebut, hasil yang didapat adalah variabel-variabel content marketing memiliki pengaruh secara simultan maupun parsial terhadap variabel brand image. Namun, variabel persuasion memiliki pengaruh negatif terhadap variabel brand image (Y).


References


APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei

Astari, D., & Chan, A. (2017). The Analysis of Content Marketing in Online Fashion Shops in Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, 6(2), 225–233. http://sibresearch.org/uploads/3/4/0/9/34097180/riber6-2_15h16-109_225-233.pdf

Baltes, P. L. (2015). Content marketing - the fundamental tool of digital marketing. Economic Sciences, 2(8), 111–118. http://webbut.unitbv.ro/BU2015/Series V/BILETIN I/15_Patrutiu.pdf

Content Marketing Institute. (2021). What is Content Marketing? https://contentmarketinginstitute.com/what-is-content-marketing/

Content Marketing Institute, & MarketingProfs. (2017). B2C Content Marketing: 2018 Benchmark, Budgets, and Trends. 38. http://contentmarketinginstitute.com/wp-content/uploads/2017/12/2018_B2C_Research_Final.pdf

Effendy, O. U. (2005). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti

Fahmi, M., Arif, M., Farisi, S., & Purnama, N. I. (2019). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repeat Purchase pada Fast-Food Restaurant di Kota Medan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 53–68. https://doi.org/10.33059/jseb.v11i1.1722

Hootsuite & We Are Social. (2021). Digital 2021 : Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei. Jakarta: KENCANA.

Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

IPSOS. (2018). Dampak Instagram Pada Usaha Di Indoneisa. https://www.ipsos.com/sites/default/files/ct/publication/documents/2018-11/instagram_report_bahasa_version.pdf

IÅ¡oraitÄ—, M. (2018). BRAND IMAGE DEVELOPMENT. ECOFORUM, 7(1).

Kamil, N. A. I., & Albert, A. (2020). The effect of e-wom and brand image towards Sushi Masa consumer purchasing decision. Journal of Social Studies (JSS), 16(1), 19–34. https://doi.org/10.21831/jss.v16i1.31020

Karr, D. (2016). How to Map Your Content to Unpredictable Customer Journeys. 18. http://learn.meltwater.com/rs/486-VOS-157/images/Mapping Content Marketing eBook.pdf

Keller, K. L., & Swaminathan, V. S. (2020). Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equityis. In Journal of Brand Management. Pearson Education. https://doi.org/10.1057/bm.1998.36

Le, D. (2013). Content Marketing [Haaga-Helia University of Applied Sciences]. In Haaga-Helia University of Applied Sciences. https://doi.org/10.2307/j.ctv62hdmb.7

Lou, C., Xie, Q., Feng, Y., & Kim, W. (2019). Does non-hard-sell content really work? Leveraging the value of branded content marketing in brand building. Journal of Product & Brand Management, 28(7), 773–786. https://doi.org/10.1108/JPBM-07-2018-1948

Nagar, K. (2015). Modeling the Effects of Green Advertising on Brand Image: Investigating the Moderating Effects of Product Involvement Using Structural Equation. Journal of Global Marketing, 28(3–5), 152–171. https://doi.org/10.1080/08911762.2015.1114692

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business A Skill Building Approach. West Sussex: John Wiley & Sons

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryadi, E., Darmawan, D., & Mulyadi, A. (2019). Metode Penelitian Komunikasi Dengan Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Vinerean, S. (2017). Content Marketing Strategy. Definition, Objectives and Tactics. Expert Journal of Marketing, 5(2), 92–98.

Widyana, S. F., & Batangriyan, S. R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand Image Di Pt . Central Global Network. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(September), 1–12.

Wijaya, B. S. (2013). Dimensions of Brand Image: A Conceptual Review from the Perspective of Brand Communication. European Journal of Business and Management, 5(31), 55–65. https://doi.org/10.13140/ejbm.2013.55.65




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v10i01.7005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>