CITRA PEREMPUAN DALAM MEDIA MASSA (ANALISIS FRAMING WILLIAM A. GAMSON DAN ANDRE MODIGLIANI PADA ARTIKEL WORKLIFE DI WEBSITE WOLIPOP)

Aulia Rahim, Mukarto Siswoyo, Abdul Jalil Hermawan

Abstract


Wolipop merupakan laman yang cenderung menyajikan berita atau artikel mengenai gaya hidup perempuan, termasuk kategori worklife yang membahas dunia pekerjaan dan pendidikan. sebagai media massa wolipop menjalankan fungsinya tidak hanya memberikan informasi dan hiburan semata namun juga menginsipirasi dan memberi pembelajaran untuk pembaca atau audiensnya. Wolipop juga menampilkan citra perempuan untuk mempengaruhi pembaca dalam hal pemberdayaan perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui citra perempuan yang dikontruksi dalam artikel-artikel worklife di wolipop. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode analisis framing model Gamson dan Modigliani, dengan cara bercerita atau gagasan ide-ide yang terorganisir sedemikian rupa dan menghadirkan kontruksi makna peristiwa-peristiwa berkaitan dengan objek suatu wacana. Teknik pengumpulan data yang dugunakan dengan studi pustaka dan studi lapangan, pengumpulan dokumentasi, observasi dan wawancara. Artikel-artikel yang diamati untuk dianalisis dipilih berdasarkan artikel yang diunggah pada bulan maret hingga april 2021 pada momen hari perempuan internasional dan hari kartini. Dari penelitian ini diketahui wolipop mengkontruksi citra perempuan sebagai sosok yang inspiratif, pekerja keras, pantang menyerah dan mendukung kesetaraan gender juga untuk mendorong pemberdayaan kaum wanita. Audiens yang dapat menyerap artikel tersebut akan dapat terilhami untuk menggali potensi dirinya sehingga dapat tampil menjadi perempuan yang mandiri. wolipop telah menampilan citra perempuan dalam media massa dengan model good news pada artikenya. Hal itu berdasarakan peran perempuan yang digambarakan untuk memberikan inspirasi, motivasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai perempuan yang dapat menimbulkan citra yang baik terhadap peran-peran perempuan.


References


Effendy, Onong Uchjana. 2003.

Ilmu, Teori, dan Filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti

Eriyanto,. 2002. Analisi Framing

Kontruksi, Ideology, dan Politik Media.Yogyakarta:LKis

Ibrahim, Idy Subandi. 2007. Budaya

Populer Sebagai Komunikasi. Dinamika Popscape dan Mediscape di Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra

M. Romli, Asep Syamsul. 2018.

Julnalistik Online Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia

Mulayana, D. 2013. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy J. 2007. Metode

Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Saadawi, Nawal El. 2001.

Perempuan Dalam Budaya Patriaki. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sholihati, Siti. 2007. Wanita dan

Media Massa. Yogyakarta: Teras

Sobur, A. 2012. Analisis framing

Media Suatau Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisi Framming. Bandung: Remaja Rosda Karya

Soediro, Satoto. 1994. Metode

Penelitian Sastra II. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

INTERNET

https://wolipop.detik.com/

https://wolipop.detik.com/worklife/d-5484171/pesan-inspiratif-wanita-yang-jadi-software-engineer-gali-potensi-diri Diakses pada tanggal 10 April 2021 Pukul 15.00 WIB

https://wolipop.detik.com/worklife/d-5486856/bos-grab-ungkap-kesetaraan-gender-dan-kiat-jadi-pemimpin-wanita Diakses pada tanggal 10 April 2021 Pukul 15.10 WIB

https://wolipop.detik.com/worklife/d-5514453/ini-alasan-bangun-bisnis-perlu-punya-mindset-positif Diakses pada Tanggal 10 April 2021 Pukul 15.19 WIB

https://wolipop.detik.com/worklife/d-5532283/jadi-pemimpin-muda-begini-cara-sylvia-gunawan-ubah-stigma-wanita-bekerja Diakses pada tanggal 25 April 2021 Pukul 19.20 WIB

https://wolipop.detik.com/worklife/d-5540814/hari-kartini-pemimpin-wanita-kpk-bicara-peran-wanita-dalam-melawan-korupsi Diakses pada tanggal 25 April 2021 Pukul 19.25 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v10i01.6964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>