GAYA KOMUNIKASI KYAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN KITAB JALALAIN DI PONDOK PESANTREN

Asep Fuad, Femi Oktaviani

Sari


Komunikasi tidak dapat lepas dalam kehidupan manusia. Begitu pula dalam komunikasi pendidikan di pondok pesantren. Dalam melakukan komunikasi seorang komunikator perlu memiliki gaya komunikasi agar proses penyampaian informasi dapat diterima baik oleh komunikan. Pada penelitian ini, peneliti mengkaji tentang gaya komunikasi Kyai dalam proses pembelajaran di pondok pesantren Miftahul Hasanah. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu dengan mencari, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan kajian pustaka. Hasil penelitian menujukan bahwa gaya komunikasi yang dilakukan oleh Kyai dalam proses pembelajaran kitab Jalalain di pondok pesantren Miftahul Hasanah berladaskan pada gaya komunikasi perspektif islam yaitu mampu menyederhanakan pesan sehingga langsung pada garis besar tentang kitab Jalalain, memahami keadaan para santri, menyesuaikan pesan, gaya bicara, intonasi berbicara dengan jelas, menyampaikan pesan secara konkret sehingga, menggunakan perkataan yang lemah lembut sesuai dengan Qaulan sadida, Qaulan Baligha, Qaulan Ma’rufa, Qaulan Karima, Qaulan Layyina dan Qaulan Masyura.


Kata kunci : Gaya, Komunikasi, Kyai


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aziz, Abdul. 2017. “KOmunikasi Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam”.

Faridah. 2019. “Komunikasi dalam Interaksi Sosial (Analisis Etika Komunikasi dalam Perspektif Islam). Jurnal Retorika Vol. 1 No. 1, hal. 99-109.

Hidayah, Baitul. 2021. “Diktat Pekan Perkenalan : Santri Baru”. www. https://baitulhidayah.org. (diakses pada 15 Januari 2021).

Lubis, Lahmudin, dkk. 2017. “Penerapan Prinsip-Prinsip Komunikasi Islam dalam Mensukseskan Program KBdi Rantau Prapat”. Jurnal Al-Balagh, Vol. 1 NO.2 Hal. 268-290.

Kholil, Syukur. 2007. “Komunikasi Islam”. Bandung : Cipta Pustaka Media. Jurnal Mediakita Vol. 1 No.2 Juli 2017, 173-184.

Maula, Ismatul. 2020. “Kompetensi Profesional Pendidik Menurut AL-Ghazali”. Jurnal Oasis Vol. 4 NO. 2, hal. 21-38.

Markarma, A. (2014, June 19). “Komunikasi Dakwah Efektif dalam Perspektif Al-Qur’an”. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 11(1), 127-151.

Mulyana, Deddy. 2001. “Pengantar Ilmu Komunikasi”. Bandung : Rosdakarya.

Wibowo, Faisal. 2015. “Komunikasi dalam Perspektif Islam”. https://www.kompasiana.com/faisalwibowo. (diakses pada 17 Januari 2021).

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung : Alfabeta.

Sumarjo. 2011. “Ilmu Komunikasi dalam Perspektif Al-Qur’an”. Jurnal Inovasi, Vol. 8 No. 1, Hal. 113-124.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v9i2.5077

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License