Desain Usaha Mikro Produk Lokal Menjadi Branding Desa Picungpugur
Kata Kunci:
Desain, Usaha Mikro, Produk Lokal, BrandingAbstrak
Desa Picungpugur merupakan salah satu daerah di Kecamatan Lemahabang yang meiliki ciri khas pproduk lokal tape ketan yang dibungkus dari daun jambu. Sebagian besar penduduk berprofesi sebagai pemilik usaha sehingga memerlukan pemahaman dan pengetahuan serta skill tentang berwirausaha. Program kami ini bertujuan untuk membantu perkembangan UMKM yang ada di Lemahabang Khususnya di Desa Picungpugur, Kabupaten Cirebon. Dengan strategi pemasaran yang tepat, Serta Pembuatan legalitas Nomor induk berusaha (NIB) sangat penting untuk meningkatkan daya saing usaha mikro sekaligus memberikan legitimasi formal. Penelitian menggunakan metode pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan 15 pelaku usaha, dan focus group discussion (FGD). Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan validasi melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil ppenelitian ini yaitu program berhasil mengidentifikasi tiga masalah utama: keterbatasan sumber daya (80% responden), kurangnya pengetahuan pemasaran digital (90% responden), dan ketakutan terhadap biaya legalisasi (75% responden). Intervensi berupa workshop pemasaran digital dan pendampingan NIB meningkatkan kapasitas pelaku usaha sebesar 65%. Inovasi produk bolu tape ketan sebagai branding baru berhasil meningkatkan nilai tambah produk hingga 40%. Kesimpulan penelitian ini yaitu implementasi strategi branding terintegrasi melalui pendampingan, pelatihan, dan legalisasi terbukti efektif meningkatkan daya saing usaha mikro. Program OVOP berhasil menciptakan produk inovatif yang memperkuat identitas desa sebagai sentra tape ketan berkualitas. Melalui penelitian ini diharapkan Pelaku usaha mengetahui cara atau strategi yang diterapkan untuk dapat membantu perkembangan UMKM agar lebih kreatif dan inovatif yang ada di desa Picungpugur.
Referensi
Afiatna, F. A. N. F., Anityasari, M., & Surjani, R. M. (2017). Pengembangan Dan Evaluasi Product Service System (Pss) Pada Perusahaan Furnitur Menggunakan Metode Multi- Layer Qfd. Reaktom : Rekayasa Keteknikan Dan Optimasi, 2(2). Https://Doi.Org/10.33752/Reaktom.V2i2.200
Ariella, I. R. (2018a). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid.” Performa, 3(2). Https://Doi.Org/10.37715/Jp.V3i2.683
Ariella, I. R. (2018b). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid.” Performa, 3(2). Https://Doi.Org/10.37715/Jp.V3i2.683
Buana Pertiwi, R., & Sri Rahayu, Y. (2020). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Sandal Wanita Merek Cardinal Di Wilayah Kota Bandung. Jurnal Sain Manajemen, 2(2).
Fadillah, R. A., & Indriyanti, R. (2023). Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bekasi. Bekasi Development Innovation Journal, 1(2).
Fajrina, F. N., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Produk Maybelline Di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(02).
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. Https://Doi.Org/10.30596/Maneggio.V3i1.4941
Fauzi, I., Kahdar, K., & Riyadi, S. (2019). Analisis Persepsi Konsumen Untuk Strategi Pengembangan Produk Sarung Di Ikm Sarung Majalaya. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 16(1). Https://Doi.Org/10.25105/Dim.V16i1.6164
Kadeni, N. S. (2020). Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 191–200.
Mahardika, I. K. A., & Santika, I. W. (2021). Peran Brand Awareness Memediasi Daya Tarik Iklan Online Terhadap Niat Beli “Madanty Fashion.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(7). Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2021.V10.I07.P02
My, R. M. Y. A. (2023). Ekonomi Kreatif Dan Potensi Pertumbuhan Ekonomi Berbasis Industri Kreatif. Jmeb Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis, 1(2). Https://Doi.Org/10.59561/Jmeb.V1i2.155
Nasarudin, & Ahyuni, S. (2023). Strategi Pendampingan Industri Kreatif Menengah Kerajiinan Baduy Berbasis Local Wisdom: Tinjauan Model Triple Helix. Journal Of Socio-Cultural Sustainability And Resilience, 1(1). Https://Doi.Org/10.61511/Jscsr.V1i1.2023.164
Pertiwi, R. B., & Rahayu, Y. (2020). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Sandal Wanita Merek Cardinal Di Wilayah Kota Bandung. Jurnal Sain Manajemen, 2(2).
Pratiwi, V. A., & Nasution, L. (2021). Pengaruh Design Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pt. Kreasi Akrilik Medan). Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (Ebma), 2(1).
Priyatno. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kfc Padang Sidempuan. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2).
Romarina, A. (2016). Economic Resilience Pada Industri Kreatif Gunamenghadapi Globalisasi Dalam Rangka Ketahanan Nasional. Jurnal Ilmu Sosial, 15(1), 35–52.
Satria, D., & Wibowo, J. M. (2021). Peran Klaster Pariwisata Terhadap Ekonomi Kreatif Kabupaten Banyuwangi Di Era Industri 4.0 The Role Of Tourism Cluster Toward Banyuwangi Regency Creative Economics In Industry 4.0 Era. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 15(2).