Pengembangan UMKM Lokal dalam Membangun Desa Unggul Melalui Peternakan Susu Kambing Perah
Kata Kunci:
Pengembangan UMKM Lokal, Desa Unggul, Peternakan Susu Kambing PerahAbstrak
Desa Waled Asem merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon. Desa tersebut memiliki beberapa potensi salah satunya dalam sektor UMKM yang memproduksi susu kambing yang masih dalam proses perkembangan. Dengan adanya fenomena tersebut maka perangkat desa dan mahasiswa KKN menjadi peran penting dalam membantu mengembangkan UMKM tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui hasil observasi dan wawancara. Hasil wawancara tersebut ternyata UMKM Peternakan Susu Kambing Perah milik Bapak Wahyu belum memiliki logo atau merek serta kemasan yang masih dalam bentuk plastik. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di UMKM Peternakan Susu Kambing Perah milik Bapak Wahyu. Maka dari peneliti bertujuan untuk membantu memberikan pembekalan dan membuatkan logo serta kemasan untuk branding produk susu kambing tersebut, sehingga dapat menambah nilai citra produk itu sendiri. Kesimpulan penelitian ini yaitu pengembangan UMKM melalui perbaikan branding dan kemasan berhasil meningkatkan nilai produk dan berpotensi menjadikan desa unggul melalui produk unggulan susu kambing perah.
Referensi
Aaker, D. A. (1991). Managing brand equity: Capitalizing on the value of a brand name. Free Press.
Boediono. (1993). Ekonomi moneter. BPFE.
Chandra, T. (2000). Manajemen usaha kecil. Ghalia Indonesia. (dalam Nurwahida & Susyanti, 2018)
Darmawan, D. (2010). Pengembangan UMKM lokal dan potensi daerah. Alfabeta.
Djamaludin, A. (2020). Nutrisi dan manfaat susu kambing untuk kesehatan. Penebar Plus.
Hafsah, M. J. (2004). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM). Infokop.
Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran (Edisi Milenium). Prenhallindo.
Mangkunegara, A. P. (2005). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya.
Muhammad, A. (2018). Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan regional. Grasindo.
Murtidjo, B. A. (1993). Memelihara kambing sebagai ternak potong dan perah. Kanisius.
Nurwahida, N., & Susyanti, J. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 153–163.
Sabaruddin, R. (2016). Strategi pengembangan UMKM pedesaan menuju entrepreneurs village pada pasar global. 입법학연구, 제13집 1호(May).
Simmons, G., Armstrong, G., & Durkin, M. (2008). Small business management and entrepreneurship. Prentice Hall.
Smith, P. (2007). Packaging design and consumer behavior. Marketing Press.
Sugiyono. (2005). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tambunan, T. (2021). UMKM di Indonesia: Teori, fakta, dan strategi pemberdayaan. Ghalia Indonesia.
Teliana, N., Suhendra, S., Ramadini, G. A., Ghifari, M. A. G. M. A., Nurhanifah, N., & Saputra, R. M. (2024). Strategi membangun UMKM unggul dengan peningkatan kemampuan pemasaran dan inovasi kemasan melalui digital marketing di Desa Cibuntu. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 5(1), 37–49.
Umam, A. A., Fitriyani, Y., & Alfianto, A. N. (2023). Inovasi pengembangan pemasaran produk susu kambing etawa di Dusun Jengglik. Warta Pengabdian Andalas, 30(4), 625–632.
Vitriana, M., Febrian, F. A., Aulia, R., Iswanto, R. T. P., Akbar, M. A., Arif, M. F., Fauziah, N., Az Zahra, A. S., Ramadhan, P. D. G., & Olivia, N. (2024). Pemeliharaan susu kambing perah untuk peningkatan mutu produk dan inovasi pengembangan digitalisasi UMKM di Desa Pasir Utama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(7), 2621–2626. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i7.1298
Wijoyo, H., Santamoko, R., & Ariyanto, A. (2020). Strategi pengembangan UMKM di era digital. CV. Pena Persada.
Zimmerer, T. W., & Scarborough, N. M. (2008). Essentials of entrepreneurship and small business management (5th ed.). Pearson Prentice Hall.