Pengembangan Digitalisasi UMKM Desa Sindangkasih Oleh KKN 33 Universitas Swadaya Gunung Jati
Keywords:
Sosialisasi, UMKM, NIB, e-commerce, media socialAbstract
Adminkoperasi. (2024). Lima manfaat punya NIB. https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/1534/lima-manfaat-punya-nib
Agustin, A., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi UMKM dalam menghadapi digitalisasi. Oikos-Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis, 16, 33.
Agustin, R., Sari, D. M., & Pratama, A. (2023). Dampak ekonomi digitalisasi UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi regional di Indonesia. Jurnal Ekonomi Digital, 15(2), 45–62.
Alfina Winda C. (2024). Pentingnya NIB bagi pelaku usaha. https://www.kompasiana.com/alfina83975/666695acc925c456ef36f002/pentingnya-nomor-induk-berusaha-nib-bagi-pelaku-umkm-pilar-utama-kemajuan-usaha-kecil-menengah
Arisetyawan, K., Rachmawati, L., Nur’aini, S., Nur Adha, A. A., Firmansyah, A. H., Ardini, C. A., & Ariyadi, A. A. (2023). Sosialisasi digital marketing UMKM dalam optimalisasi potensi ekonomi desa. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 239–247. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56878
Athaya Mutiara Denasfi. (2022). Pentingnya e-commerce sebagai media marketing bagi para pelaku UMKM.
Briapi. (n.d.). Ketahui perkembangan e-commerce di Indonesia. https://developers.bri.co.id/id/news/ketahui-perkembangan-e-commerce-di-indonesia-pengertian-jenis-dan-manfaatnya
Di, U., Jambuwok, D., Ec, D., & Hidjat, R. S. (2024). Sosialisasi digitalisasi UMKM dan buku warung kepada para pelaku. 1(6), 538–542.
Fitriany, F., & Halim, S. E. (2023). Sosialisasi digital marketing bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Arunika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.53654/ar.v2i1.369
Handayani, T., Pusporini, P., & Resti, A. A. (2023). Analisis strategi digital marketing usaha mie menurut perspektif ekonomi Islam. Jesya, 6(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.889
Ira Promasanti Rachmadewi, Firdaus, A., Qurtubi, Q., Sutrisno, W., & Basumerda, C. (2021). Analisis strategi digital marketing pada toko online usaha kecil menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2). https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968
Juwita, A., & Handayani, S. (2022). Analisis platform digital dan implementasi teknologi pada usaha mikro kecil menengah. Jurnal Teknologi Bisnis, 8(1), 112–128.
Juwita, D., & Handayani, A. N. (2022). Peluang dan tantangan digitalisasi UMKM terhadap pelaku ekonomi di era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik, 2(5), 249–255. https://doi.org/10.17977/um068v2i52022p249-255
Mansir, F., & Fatimah, S. (2021). Penggunaan aplikasi pembukuan melalui digital marketing dan media sosial pada UMKM Bangunjiwo Bantul. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32694
Maulida Sari, C. D., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi digital marketing pada usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050
Novaldo. (2024). Mengapa e-commerce penting? Berikut manfaatnya bagi bisnis. https://digitalcenter.id/mengapa-e-commerce-penting-berikut-manfaatnya-bagi-bisnis/
Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran guna meningkatkan daya saing UMKM. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1). https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1275
Sugeng, S. L. P. (2022). Manajemen marketing jasa pendidikan di era digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.28335
Trihanura Pranurti, C., & Basmantra, I. N. (2023). Dompet digital sebagai alat alternatif pembayaran non-tunai pada UMKM di Desa Padangsambian. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30656/ka.v5i1.4448
References
Arisetyawan, K., Rachmawati, L., Nur’aini, S., Nur Adha, A. A., Firmansyah, A. H., Ardini, C. A., & Ariyadi, A. A. (2023). Sosialisasi Digital Marketing UMKM dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 239–247. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56878