Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik Di Kota Sungailiat Kabupaten Bangka

Fifi Lestari, Eni Karsiningsih, Muntoro Muntoro

Sari


Saat ini sayuran hidroponik merupakan salah satu pilihan konsumen karena dinilai lebih sehat dan bebas dari pestisida sehingga konsumen bersedia membayar lebih untuk mendapatkan sayuran yang lebih sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen dalam pembelian sayuran hidroponik dan menganalisis sikap konsumen terhadap atribut sayuran hidroponik yang paling dipertimbangkan dalam keputusan pembelian. Waktu pengambilan data penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Oktober 2022 di Kota Sungailiat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 100 orang responden, dengan teknik accidental sampling. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis uji Chi-square dan Multiatribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis Chi-square secara signifikan terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut-atribut sayuran hidroponik. Berdasarkan analisis Multiatribut Fishbein atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian sayuran hidroponik di Kota Sungailliat dari yang paling dipertimbangkan adalah atribut kesegaran, kebersihan, rasa, fisik daun, warna, keberagaman jenis dan harga sayuran.

 

Kata kunci : Preferensi Konsumen, Pembelian, Sayuran Hidroponik 


Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Aditianti, A., Prihatini, S., & Hermina, H. 2016. Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Individu Tentang Makanan Beraneka Ragam se-bagai Salah Satu Indikator Keluarga Sadar Gizi (KADAR-ZI). Buletin Penelitian Kesehatan : 44(2) 117-126.

Andari, and N. Murty. 2016. Preferensi Konsumen Terhadap Sayuran Organik Di Super Indo Sultan Agung Yogyakarta. Res. Repos. http://repository.umy.ac.id/handle/12345 6789/6547.

Anggiasari, Made N, Indriani, Endar-yanto Y, dan Teguhet. 2016. Sikap dan Pengambilan Keputusan Pembelian Sayuran Organik Oleh Konsumen Di Kota Bandar Lampung. Jiia, 4(4), 391–397.

Armiriawan, F. N., Kusnandar, & Setyowati. 2021. Analisis Preferensi Kondumen Terhadap Pembelian Sayuran Hidroponik di Kota Surakarta. Agrista, 9(2), 5–24.

BAPPENAS. 2018. Kelompok Usia Sepakat. https://sepakat.bappenas.go.id/wiki/kelompok_usia.

Engel, Blackwell, Miniard. 2012. Per-ilaku Konsumen. Tangerang: Binarupa Aksara

Febrianti T, Tsani A, & Nur Mila, A. 2019. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Sayuran Hidroponik Di Kota Sukabumi.

Jurnal Ilmiah Pertanian. 7(1), 1–8.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E. & Hyun, H.H. 2012. How to Design and Evaluate. Research in ducation. 8 ed. Boston: McGraw-Hill

Higher Education

Haviz Meidy, Restu A Suryaman, & Reggy T. 2021. Fenomena Alih Fungsi Lahan :Apakah Tenaga Kerja dapat Berpindah dari Sektor Pertanian Ke Sektor Lain ?(Studi Kasus Kabupaten Bekasi. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi, Vol 1(1), Hal. 1-11.

Juarwan, Imaddudin. 2013. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Sayuran Organik Di Kota Bogor. Bogor.

Siregar, M. 2017. "Respon Pemberian Nutrisi Abmix Pada Sistem Tanam Hidroponik Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica juncea)". Journal of Animal Science and Agronomy Panca Budi ,Vol 2(2)

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumarwan, U. 2002. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran . Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Suhardi. 2016. Pengantar Ekonomi Mikro. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Yasmin, Afrina .2017. Impact of Brand Image on Consumer Interest buying. The result of this has shown that brand image has strongly positive impact on consumers’ interest buying of laptop in Bangladesh. In-ternational Journal of Research in Social Sciences Vol. 7 Issue 10,p1-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v5i2.8301

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>