JIWA KEWIRAUSAHAAN PETANI DALAM MEMILIH KOMODITAS KALE (Brassica oleraceae) (Studi Pada Petani Kale di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah)

Khabo Say Boy Sihombing, Hendrik Johannes Nadapdap

Sari


Tanaman Kale (Brassica oleraceae) bukan tanaman asli Indonesia dan bukan tanaman yang hasil produksinya biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut menyebabkan permintaan akan produksi tanaman Tanaman Kale (Brassica oleraceae) tidak sebanyak tanaman hortikultura lainnya yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Petani di Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah membudidayakan tanaman Tanaman Kale (Brassica oleraceae). Hal ini membuat peneliti ingin mengetahui bagaimana hubungan jiwa kewirausahaan petani di Desa Batur terhadap pengambilan keputusan dalam membudidayakan tanaman Tanaman Kale (Brassica oleraceae). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan melalui wawancara dengan partisipan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data sekunder dalam penelitian ini adalah data yang didapatkan melalui library reseacrh. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persepsi petani di Desa Batur terhadap tanaman Kale (Brassica oleraceae) dan mengetahui bagaimana hubungan jiwa kewirausahaan petani di Desa Batur terhadap pemilihan komoditas Kale (Brassica oleraceae) sebagai komoditas yang dibudidayakan. Hasil dari penelitian ini adalah persepsi petani di Desa Batur tergolong baik dan ditemukan 4 faktor jiwa kewirausahaan yang mempengaruhi petani di Desa Batur dalam mengambil keputusan untuk membudidayakan tanaman Kale (Brassica oleraceae).

 

Kata Kunci : Jiwa Kewirausahaan, Kale (Brassica oleraceae), Persepsi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Direktorat Jendral Hortikultura. 2012. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Direktorat Jendral Hortikultura Tahun Ajaran 2012. Jakarta: Direktorat Jendral Hortikultura.

———. 2015. Statistik Produksi Hortikultura Tahun 2014. Jakarta: Direktorat Jendral Hortikultura.

Ermira Qosja, Ertila Druga. 2015. “Entrepreneurial Spirit and Factors Affecting It: Case Study Based on the Students of the European University of Tirana.” International Journal of Social Sciences and Education Research 1 (3): 680–91.

Hendro, and Widhianto. 2011. Dasar Dasar Kewirausahaan, Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami, Dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Hisrich, Robert D Patters, and Michael P. 2004. Entrepreneurship. New York: McGraw Hills.

Kahan, David. 2012. Entrepreneurship in Farming. Farm Management Extension Guide.

Kasmir. 2012. Dasar Dasar Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Permana, Indra, and Darwanto. 2016. “Peran Kelompok Tani Sayuran Organik Terhadap Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi Kasus Desa Batur, Kabupaten Semarang).” Jurnal Bisnis Dan Ekonomi 23 (2): 105–23.

Pramuditya, M. Alfian Happy, and Tinjung Mary Prihtanti. 2019. “Persepsi Petani Terhadap Budidaya Gandum Tropis.” AGRIC Jurnal Ilmu Pertanian 31 (176–190).

Rogers, E.M. 2005. Diffusion of Innoveasion. Canada: The Free Press of MacMillan.

Roni A. 2016. Bisnis Hidroponik Ala Roni Kebun Sayur. Jakarta: Agromedia.

Ropke. J. 2004. “On Creating Entrepreneurial Energy in the Ekonomi Rakyat Case Indonesian Cooperatives.” Jurnal Ekonomi Kewirausahaan III.

Soedjana, Tjeppy D. 2007. “SISTEM Usaha Tani Terintegrasi Tanaman-Ternak Sebagai Respons Petani Terhadap Faktor Risiko.” Jurnal Litbang Pertanian 2 (26).

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.

———. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 10th ed. Bandung: Alfabeta.

Sukirman, Sukirman. 2017. “Jiwa Kewirausahaan Dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 20 (1): 117. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i1.318.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Suryana. 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba.

———. 2011. Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Zimmerer, TW, and NM Scarborough. 2008. Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v4i1.5914

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>