ANALISIS KELAYAKAN USAHA TAHU DI DESA CIPEUJEUH WETAN (Kasus di Home Industry Tahu Desa Cipeujeuh Wetan Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon)

Erin Nia Hardiani Sanjani, I Ketut Sukanata

Sari


Pengetahuan mengenai kelayakan usaha merupakan hal yang penting dikarenakan dapat menjadi pedoman bagi seseorang atau badan usaha untuk menentukan jenis usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha tahu di Desa Cipeujeuh Wetan Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni - September 2020. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah  kuantitatif dengan teknik survei. Populasi  penelitian ini adalah pengusaha tahu di Desa Cipeujeuh Wetan yang berjumlah 15 orang, sehingga teknik penggunaan  sampel dilakukan secara sensus. Analisis data menggunakan perhitungan R/C dan BEP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata R/C sebesar 1,23 yang berarti layak untuk diusahakan. Rata-rata harga jual sebesar Rp.8.000/kg lebih besar dari BEP volume harga sebesar Rp.6.630/kg, berarti usaha tahu tersebut layak untuk diusahakan. Rata-rata produksi sebanyak 146,667 kg tahu lebih besar dari BEP volume produksi yaitu sebanyak 119,294 kg tahu, berarti usaha tahu tersebut memberikan keuntungan dan layak untuk diusahakan. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat bermanfaat sebagai pedoman dalam mengelola usaha agroindustri  tahu maupun lainnya.

 

Kata Kunci              : Biaya,Cirebon,Kelayakan,Penerimaan,Tahu.

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anoraga, P., & Sudantoko, D. (2002). Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Penerbit Rineka Cipta.

Cahyadi, W. (2007). Kedelai, Khasiat dan Teknologi. PT Bumi Aksara.

Jumingan. (2009). Studi Kelayakan Bisnis Teori dan Pembuatan Proposal Kelayakan. Bumi Aksara.

Muhammad Akib, T. (2011). Ilmu Usaha Tani : Teori dan Aplikasi Menuju Sukses. Unhalu Press.

Sarwono, B., & Saragih, Y. P. (2004). Membuat Aneka Tahu. Niaga Swadaya.

Sayidah, N. (2017). Metodologi Penelitian. Zifatama Jawara.

Soekartawi. (2002). Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. PT Raja Grafindo Persada.

Soleh, M. (2003). Perbaikan Mutu dan Ketahanan Pangan Produk Olahan Hasil Industri Kecil Melalui Analisis Bahannya dan Penelitian Titik Kendali. Buletin Teknologi Pangan dan Informasi Pertanian. 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v3i2.4850

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>