Penentuan Strategi Pengembangan Agribisnis Jahe di Karesidenan Surakarta Pada Masa Pandemi Covid-19

Widianto Prasetyo Utomo, Thauefek Kurniawan, Ahmad Fauzi, Tri Wisudawati, Ecclisia Sulistyowati, Wahyu Adhi Saputro

Sari


Jahe merupakan komoditi khas di Indonesia dengan potensi besar yang dimiliki seperti sebagai rempah-rempah dan obat alami. Alasan tersebut yang membuat jahe sangat mudah dikomersialisasikan. Indonesia juga mengekspor jahe ke negara lain. Permintaan akan jahe yang begitu banyak mencapai ribuan ton terkadang tidak dapat terpenuhi karena kapasitas produksi dalam negri masih minim. Masalah lain yang muncul adalah segi kualitas dan kontinuitas yang masih sering tidak terselesaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan agribisnis jahe di karesidenan surakarta pada masa pandemi covid-19. Lokasi penelitian adalah tiga kabupaten yang termasuk ke dalam Karesidenan Surakarta yaitu Kabupaten Karangnanyar, Sukoharjo dan Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan agribisnis jahe di Karesidenan Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah petani yang berada pada Karesidenan Surakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 35 petani jahe yang ada di Kabupaten Karangnanyar, Sukoharjo dan Klaten. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa posisi RTI dalam matriks IE di kuadran dua yakni tumbuh dan membangun. Strategi SO yang bisa dilakukan adalah menguatkan pasar yang menampung produksi jahe secara kontinyu sehingga produk jahe bisa ditampung dan memproduksi lebih tinggi lagi. Strategi WO yang bisa dilakukan adalah pemberian modal baik berupa hibah maupun pinjaman agar petani mau menamam jahe. Strategi terhadap ancaman (ST) diperlukan untuk konsistensi jahe yang dihasilkan oleh petani secara berkelanjutan. Strategi WT bisa dilakukan dengan memperkuat teknologi budidaya jahe sehingga mampu ditanam disaat cuaca tidak menentu.

Keywords : Jahe, Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chaudhury, R. R. (2015). Herbal remedies and traditional medicines in reproductive health care practices and their clinical evaluation. Journal of Reproductive Health and Medicine, 1(1), 44–46.

Farida, nurhidayati tri, Nuning, S., & rahayu wiwit. (2015). STRATEGI PENGEMBANGAN KOMODITI PERTANIAN UNGGULAN DI KABUPATEN PONOROGO Farida. Agrista, 3(3), 284–297.

Gavanji, S., Mohammadi, E., Larki, B., and Bakhtari, A. (2015). Antimicrobial and cytotoxic evaluation of some herbal essential oils in comparison with common antibiotics in bioassay condition. Integrative Medicine Research, 3(3), 142–152.

Han, Y., Wang, H., Xu, W., Cao, B., Han, L., Jia, L., Xu, Y., Zhang, Q., Wang, X., Zhang, G., Yu, M., and Yang, G. (2016). Chinese herbal medicine as maintenance therapy for improving the quality of life for advanced non-small cell lung cancer patients. Complementary Therapies in Medicine, 2(4), 81–89.

Jayachandran, M., Chandrasekaran, B., and Namasivayam, N. (2015). Geraniol attenuates fi brosis and exerts anti-in fl ammatory effects on diet induced atherogenesis. European Journal of Pharmacology, 762, 102–111.

Koonrungsesomboon, N. and K. (2016). Ethical considerations in clinical research on herbal medicine for prevention of cardiovascular disease in the ageing. Phytomedicine, 1–5.

Liao, P., Yang, T., Chou, J., Chen, J., and Chao, L. K. (2015). Anti-inflammatory activity of neral and geranial isolated from fruits of Litsea cubeba Lour. Journal of Functional Foods, 19, 248–258.

Petrus Selmut Aldensi, S. . (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS TANAMAN JAHE ( Zingiber officinale Rosc .) ( Studi Kasus Di Desa Batunya Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan ). DwijenAGRO, 6(1). Retrieved from http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/dwijenagro/article/view/337

Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Widyastuti, E., Soejono, D., & Widjayanthi, L. (2015). ANALISIS EKONOMI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN KOMODITAS Jahe Gajah DI DESA PACE KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER. Berkala Ilmiah PERTANIAN, 1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v3i2.4831

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>