Perilaku dan Kepuasan Konsumen Rumah Tangga pada Daging Sapi saat Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Banyumanik

Ariel Putra Saksono, Mukson Mukson, Siswanto Imam Santoso

Sari


Pandemi COVID-19 menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan masyarakat. Tatanan hidup baru diadaptasikan seperti pola konsumsi makan. Daging sapi merupakan komoditas yang baik untuk menjaga dan memenuhi kebutuhan gizi  tubuh. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis perilaku dan kepuasan konsumen rumah tangga terhadap daging sapi pada saat pandemi. Manfaat penelitian diharapkan dapat membantu pelaku usaha/pemasar daging sapi dalam memenuhi kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan pada bulan September-Oktober 2020. Metode penelitian menggunakan metode survey. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive dengan pertimbangan tingkan kepadatan penduduk cukup tinggi dan mata pencaharian penduduk beragam. Pengumpulan data melalui wawancara dengan responden rumah tangga berdasarkan kuesioner terstruktur dan  observasi.  Sampel yang digunakan sebanyak 90 dengan menggunakan quota sampling, dan sebaran masing-masing 30 sampel pada Kelurahan Pedalangan, Srondol Wetan, dan Padangsari. Analisis data  menggunakan analisis deskriptif, IPA, dan CSI. Hasil analisis deskriptif tentang perilaku konsumen terdiri dari lima tahap perilaku konsumen. Tahap tersebut diantaranya tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Hasil analisis IPA menunjukan  bahwa kuadran I terdiri dari harga dan kandungan lemak yang merupakan prioritas utama untuk memperbaiki atribut tersebut, kuadran II terdiri dari tekstur, jenis potongan, dan ketersediaan produk yang harus dijaga kinerjanya, kuadran III terdiri dari aroma dan kemasan yang perlu sedikit perbaikan, dan kuadran IV terdiri dari warna dan kemudahan pembelian yang perlu sedikit pengurangan untuk mencegah pemborosan. Hasil analisis CSI sebesar 70,7% yang berada pada rentang 66%-80,00% yang menunjukan konsumen puas terhadap daging sapi.

 

Kata kunci : perilaku konsumen, kepuasan konsumen, rumah tangga, daging sapi, pandemi.


 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiputra, E. (2015). Perilaku Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) di Pusat Perbelanjaan Modern di Surabaya. An-Nisbah, 1(2), 155–180.

Badan Pusat Statistik. (2017). Harga Daging Sapi di Indonesia. www. bps.go.id.

Chisilia, LA., A., & Widanta. (2019). Analisis Determinan Impor Daging Sapi di Indonesia Pada Tahun 1990-2015. Buletin Studi Ekonomi, 24(2), 201–219.

Departemen Kesehatan RI. (1995). Komposisi Zat Gizi Pangan Indonesia. Departemen Kesehatan RI, Indonesia.

Devani dan Rizko. (2010). Analisis kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Danpotential Gain in Customer Value (PGCV). Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 24–29.

Engel, J. et all. (1994). Perilaku Konsumen. Binarupa Aksara.

Frandika, A. (2015). Dampak Kenaikan Harga Daging Sapi Terhadap Perilaku Konsumen. Unpad, 4(2), 1–18.

Gunawan, L. (2013). Analisa Perbandingan Kualitas Fisik Daging Sapi Impor dan Daging Sapi Lokal. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 1(1), 1–21.

Kementerian Perdagangan. (2013). Mencukupkan Konsumsi Daging. news.kemendag.go.id

Kementrian Perdagangan. (2013). Analsis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Ecerean Daging Sapi Dalam Negeri. Pusat Kebijakan Perdagangan Dalam Negeri.

Komariah, S., Rahayu, & Sarjito. (2009). Sifat fisik daging sapi, kerbau dan domba pada lama postmortem yang berbeda. Buletin Peternakan, 33(3), 183–189.

Kotler and Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kuswanti, A., Munadhil, Zainal, & Oktarina. (2020). Manajemen Komunikasi Keluarga saat Pandemi Covid-19. Sosial Dan Budaya Syar’i, 7(8), 707–722.

Nurfawaidi, A., B., Kuswandi, L., & Wulandari. (2018). Pengembangan label pintar untuk indikator kesegaran daging sapi pada kemasan. Pustaka Kesehatan, 6(2), 199–204.

Ruhimat, D. (2008). Kepuasan Pelanggan. Gramedia Pustaka Umum.

Setiawati, L., & Sugiharto. (2008). Analisis Tingkat Kepentingan Dan Kinerja Layanan Automated Teller Machine (ATM) Bank Mandiri. Ekonomi Bisnis, 3(13), 232–238.

Suradi, K. (2005). Pengemasan Bahan Pangan Hasil Ternak Dan Penentuan Waktu Kadaluarsa. Seminar Fasilitas Penanganan Pengemasan Olahan Ternak.

Suryawan S dan Dharmayanti. (2013). Analisa Hubungan Antara Experential Marketing, Customer Satisfaction dan Customer Loyalty Cafe Nona Manis Grand City Mall Surabaya. Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–10.

Tahuk, PK., A., & Dethan, S. S. (2020). Karakteristik Warna Daging dan Lemak Sapi Bali Jantan Yang Digemukkan Dengan Hijauan di Peternakan Rakyat.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v3i2.4594

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>