ANALISIS FINANSIAL DAN SENSITIVITAS USAHA PENGGILINGAN PADI

Siti Aisyah, Muhammad Hanif Fachrizal

Sari


Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui kelayakan usaha penggilingan padi dan (2) untuk mengetahui seberapa sensitif terhadap beberapa perubahan variabel yang mungkin terjadi yakni penurunan jumlah giling sebesar 10% dan kenaikan harga BBM (solar) sebesar 5,3% pada usaha penggilingan padi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi yang digunakan merupakan pengusaha penggilingan padi di Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon yang sesuai dengan kriteria penelitian berjumlah 8 orang. Teknik analisis data mengunakan analisis kelayakan dengan pendekatan analisis investasi yaitu menggunakan NPV (Net Present Value), IRR (Internal Rate of Return), Net B/C Ratio, ARR (Average Rate of Return) dan Payback Period dan analisis sensitivitas perubahan variabel terjadi penurunan jumlah giling 10% dan kenaikan harga solar 5,3% Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Usaha penggilingan padi layak untuk dijalankan dengan nilai NPV (Net Present Value) sebesar Rp.21.804.273, IRR (Internal Rate of Return) sebesar 23%, Net B/C Ratio sebesar 1,18, ARR (Average Rate of Return) sebesar 58% dan Payback periode selama 3 tahun 6 bulan 7 hari. 2. Analisis sensitivitas dengan penurunan jumlah giling sebesar 10% mengakibatkan usaha ini tetap layak akan tetapi rawan untuk dijalankan karena mengakibatkan seluruh nilai kriteria analisis mendekati batas kriteria kelayakan dan pada saat penurunan sebesar 15% menjadi tidak layak, pada saat kenaikan harga solar sebesar 5,3% usaha ini masih layak untuk dilaksanakan karena dampaknya tidak terlalu berpengaruh secara signifikan.

 

Kata Kunci : Penggilingan Padi, Kelayakan Usaha, Sensitivitas


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ibrahim, H. M. Y. (2003). Studi kelayakan bisnis. PT Rineka Cipta.

Kadariah, K. L., & Clive, G. (2001). Evaluasi Proyek Analisis Ekonomis. Edisi kedua. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Kasmir, J. (2003). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Prenada Media.

Kasmir, S. E., & others. (2015). Studi Kelayakan Bisnis: Edisi Revisi. Prenada Media.

Krisbiyantoro, J. (2016). Analisis Biaya dan Kelayakan Usaha Penggilingan Padi Tipe Single Passdi Desa Teluk Pandan Kecamatan Teluk Pandan. Jurnal Pertanian Terpadu, 4(2), 61–80.

Nuryati, L., Waryanto, B., & Noviati, R. W. (2015). Outlook Komoditas Pertanian Tanaman Pangan Padi. Pusat Data Dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, Indonesia.

Patiwiri, A. W. (2006). Teknologi penggilingan padi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Soeharno, P. D. (2009). Teori Ekonomi Mikro. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Soekartawi. (1995). Analisis Usahatani. Universitas Indonesia.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta, CV.

Umar, H. (2003). Studi kelayakan bisnis Edisi 2. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wildayana, E. (2016). Kelayakan Finansial Usaha Penggilingan Padi di Kecamatan Tanjung Lago Banyuasin Sumatera Selatan. HABITAT, 26(2), 130–135.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v3i1.4101

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>