ANALISIS PENDAPATAN USAHA TANAMAN HIAS (Studi Kasus UD. Rahma Nurseri di Desa Bangunsari Kabupaten Muna)

Supiani Supiani, La Sinaini

Sari


Perkembangan usaha tanaman hias di berbagai daerah di Indonesia telah menjadi sumber pendapatan pelaku usaha tanaman hias, sehingga turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendapatan pada usaha tanaman hias “UD. Rahma Nurseri” di Kabupaten Muna. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019 sampai bulan Maret 2019. Lokasi penelitian ini ditentukan secara “purposive” (sengaja) dengan pertimbangan satu-satunya usaha tanaman hias yang berkembang di Kota Kabupaten Muna. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan pendapatan usaha tanaman hias “UD. Rahma Nurseri” memberikan keuntungan sebesar Rp. 3.250.000 perbulan dengan biaya operasional usaha sebesar Rp. 7.680.000 perbulan. Tingkat keleyakan usaha ini yaitu sebesar (1,9) yang berarti setiap pengeluaran sebesar Rp 1 akan memberikan pendapatan sebesar Rp 0,9.   


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Boediono, D. R. (1999). Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No. 1 Ekonomi Mikro. BPFE, Edisi, 2.

Depritos, D. (2016). Analisis Pendapatan Usahatani Tanaman Hias di Kawasan Agrowisata Kelurahan Lubuk Minturun Sungai Lareh Kecamatan Koto Tangan Kota Padang. STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

DEWANTI, R., & Sudarman, A. (2001). Pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta:: Suatu penerapan model rasio pertumbuhan. [Yogyakarta]: Universitas Gadjah Mada.

Fatmawati, E., Astuti, A., & Widiatmi, S. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA TANAMAN HIAS DI PASTY KOTA YOGYAKARTA. JURNAL ILMIAH AGRITAS, 3(2), 1–11.

Samuelson, P., & Nordhaus, W. D. (2003). Ilmu Mikroekonomi, terj. Nur Rosyidah, Anna Elly Dan BoscoCarvallo. PT Media Global Edukasi, Jakarta.

Setiana, D. (2016). Analisis Pendapatan Usaha Pada Pedagang Tanaman Hias Di Kelurahan Gunung Terang Bandar Lampung.

Soedarsono. (1992). Pengantar ekonomi mikro. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=TCabAAAACAAJ

Soekartawi, A. (1990). Prinsip-Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Teori Dan Aplikasi. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Wiharyati, S. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Bunga Di Agrowisata Tanaman Hias Nglurah Kelurahan Tawangmangu Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v3i1.3634

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>