Efisisensi Pemasaran Komoditas Mangga Gedong Gincu Di Kabupaten Cirebon

Fitri Awaliyah, Bobby Rachmat Saefudin

Sari


Mangga gedong gincu merupakan komoditas unggulan yang dikembangkan di Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis saluran pemasaran mangga gedong gincu di Kabupaten Cirebon, menganalisis margin pemasaran, profit marjin farmer’s share dan efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran mangga gedong gincu yang terjadi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik snowball sampling, teknik pengambilan data menggunakan metide wawancara dan focus group discussion . Metode analisis data menggunakan analisis saluran pemasaran, analisis marjin pemasaran, analisis farmer’s share dan analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 12 saluran pemasaran pada pemasaran mangga gedong gincu di Kabupaten Cirebon yang melibatkan beberapa lembaga pemasaran antara lain petani, pedagang pengumpul, pedagang besar, pedagang pengecer, pedagang luar pulau, pedagang retail modern dan eksportir. Marjin pemasaran dan profit marjin terbesar terjadi pada eksportir. Persentse farmer’s share tertinggi berada pada saluran pemasaran yang memlalui kios pengecer dan pasar luar pulau. Efisiensi pemasaran terjadi pada semua saluran, namun hasil analisis menunjukkan saluran pemasaran melalui kios pengecer dan pasar luar pulau mempunyai nilai paling efisien di banding saluran retail modern dan ekspor. Kata- kata Kunci : Efisiensi, pemasaran, mangga, gedong gincu, Cirebon.













Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Awaliyah, F. (2018). Keragaan Agribisnis Komoditas Mangga Gedong Gincu di Kabupaten Cirebon. Mahatani, 1(2), 129–141.

Downey,W.D., dan S.P. Erickson. 1992. Manajemen Agribisnis. Erlangga. Jakarta.

Rasmikayati, E. Lies Sulistyowati, B. R. S. (2017). Risiko Produksi dan Pemasaram terhadap Pendapatan Petani Mangga : Kelompok Mana yang Paling Beresiko. Mimbar Agribisnis, 91(2), 399–404.

Roesmawaty, H. 2011. Analisa efisiensi pemasaran pisang di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Agribisnis. 3(5):1-9.

Suhaeni, Karno, & Sumekar, W. (2014). Efisiensi Pemasaran Mangga Gedong Gincu ( Mangifera Indica L ) di Kabupaten Majalengka. Ilmu Pertanian Dan Peternakan, 2(2), 73–79.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/.v3i1.3543

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>