Kemampuan Berpikir Kreatif pada Model Pembelajaran SAVI Bernuansa Etnomatematika Berdasarkan Gaya Belajar

Kurnia Shandy Nugraha, Zaenuri Zaenuri, Amin Suyitno

Sari


Abstrak. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui kualitas model pembelajaran SAVI bernuansa etnomatematika dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif (KBK) siswa berdasarkan gaya belajar pada model pembelajaran SAVI bernuansa etnomatematika. Menggunakan metode kombinasi (Mixed-methods) yang menggunakan desain concurrent embedded. Eksperimen ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Lebakwangi. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran problem-based learning (PBL) dan kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran SAVI bernuansa etnomatematika. Hasil penelitian : aspek kevalidan memperoleh nilai  yang termasuk kategori sangat baik; aspek kepraktisan memperoleh nilai rerata 4,47 yang termasuk kategori sangat baik; aspek efektivitas ditunjukkan dengan hasil mencapai ketuntasan rata-rata individual dan klasikal serta terdapat beda rata-rata siswa; gaya belajar visual mampu memenuhi indikator fluency, flexibility, novelty, dan elaboration lebih baik dibandingkan dengan siswa gaya belajar auditorial dan kinestetik.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Gaya Belajar, Model Pembelajaran SAVI.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abda, M. I., & Fonna, M. (2020). Implementation of Somatic, Auditory, Visual and Intellectual (SAVI) Approaches to Improve Student’s Mathematics Communication Skills in SMK Negeri 1 Nisam. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(6), 422–428.

Brandt, A., & Chernoff, E. J. (2015). The Importance of Ethnomathematics in The Math Class. Ohio Journal of School Mathematics, 7(1), 31-36.

Cemara, G. A. G., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 351–360.

Danaryanti, A., & Noviani, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 204–212. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.648

Eshrati F. A., Bahador, A., Nazemi Moghadam, M., Rajabi, H., & Moradi, A. N. (2014). The Possible Impact of Problem-solving Method of Instruction on Exceptional Students’ Creativity. Journal of Education and Training Studies, 2(3), 60–68. https://doi.org/10.11114/jets.v2i3.342

Farokhah, L., Arisetyawan, A., & Jupri, A. (2017). The Effect of Ethnomathematics-Based Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually) Approach on Mathematical Communication Skill on Geometry in Elementary School. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, 3(9), 534–543. https://doi.org/10.18768/ijaedu.370417

Handoko, H., Matematika, T., Syekh, I., Cirebon, N., Perjuangan, J., Sunyaragi, P., & Cirebon, K. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85–95. https://doi.org/10.24235/EDUMA.V6I1.1711.G1179

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99-100. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707

Irbah, D. A., Kusumaningsih, W., & Sutrisno, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 12(2), 115-125. https://doi.org/10.26877/MPP.V12I2.3829

Jagom, Y. O., Uskono, I. V., Dosinaeng, W. B. N., & Lakapu, M. (2021). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 682–691. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.308

Kencanawati, S. A. M. M., Sariyasa, S., & Hartawan, I. G. N. Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 13–23. https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.33006

Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13–17. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302

Meier, D. (2000). The Accelerated Learning Handbook. Ohio Journal of School Mathematics, 71(1), 31-36.

Prabawa, E. A., & Zaenuri, Z. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 120-129.

Purwanti, D., Fakhri, J., & Negara, H. S. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Belajar Kelas VII SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 91–102. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1733

Ramlah, F. D., & Zubair, H. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 68–75.

Saironi, M., & Sukestiyarno, Y. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dan Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Open Ended Berbasis Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Educatio Research, 6(1), 76–88.

Santoso, H. R. W., Ratu, N., & Yunianta, T. N. H. (2014). Deskripsi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Pada Materi Segiempat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang. Satya Widya, 30(2), 82-92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i2.p82-95

Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 511–520.

Sheromova, T. S., Khuziakhmetov, A. N., Kazinets, V. A., Sizova, Z. M., Buslaev, S. I., & Borodianskaia, E. A. (2020). Learning Styles and Development Of Cognitive Skills in Mathematics Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(11), 1-13. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/8538

Sholiha, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele (Penelitian Studi Kasus di Kelas VII SMP Negeri 6 Garut). Jurnal “Mosharafa”, 6(2), 287–298.

Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Zdm, 3(29), 75-80.

Sudjana. (2013). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VIII di Cianjur. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 321–330.

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Susiaty, U. D., Prihatin, I., & Education, M. (2021). Developing and Playing Geometric Puzzle Game to Enhance the Ability of Mathematical Creative Thinking. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 12(1), 39–50.

Tabach, M., & Friedlander, A. (2017). Algebraic Procedures and Creative Thinking. ZDM - Mathematics Education, 49(1), 53–63. https://doi.org/10.1007/s11858-016-0803-y

Utami, A. F., Masrukan, M., & Arifudin, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pembelajaran Model Taba Berbantuan Geometer’s Sketchpad. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 63-72.

Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Basicedu, 4(3), 523–533. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.388




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8128

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>